17 Negara Tertarik Investasi di IKN, Singapura Ambil Bagian Besar

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
17 Negara Tertarik Investasi di IKN, Singapura Ambil Bagian Besar17 Negara Tertarik Investasi di IKN, Singapura Ambil Bagian Besar

RumahCom – Pembangunan IKN di Kalimantan Timur menarik minat penanammodal dari seluruh dunia. Selain instansi pemerintahan, dialokasikan juga untuk area upaya nan bisa digarap pihak swasta dan salah satunya negara Singapura sebagai tetangga terdekat nan membawa pengusahanya untuk ikut terlibat di IKN.                                  

Hingga saat ini ada 17 negara nan terlibat langsung dalam pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Dari ke-17 negara tersebut, pengusaha dari Singapura diharapkan segera merealisasikan rencana investasinya di IKN sebagaimana disebut Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Pembangunan IKN bukan hanya mimpi Presiden Joko Widodo tapi keingingan seluruh rakyat Indonesia dan pemindahan IKN ini sudah digagas puluhan tahun lampau oleh presiden pertama Soekarno. Dulu Bung Karno menetapkan Palangkaraya sebagai ibukota negara dan sekarang ditetapkan IKN,” kata Luhut.

Ada sembilan klaster nan bakal dibangun di IKN dan untuk tahap pertama bakal dibangun sekitar 6.700 hektar hingga tahun 2024. Dari jumlah itu sekitar 2.900 hektar bakal digunakan sebagai instansi pemerintah sementara sisanya ditawarkan kepada pihak swasta untuk ikut berinvestasi.

Saat ini progres pembangunan bentuk IKN juga terus melangkah khususnya untuk instansi pemerintahan termasuk Istana Presiden nan sudah mencapai progres 29 persen. Targetnya, pada bulan Juli tahun depan gedung pemerintahan ini sudah selesai dan bisa digunakan.

Adapun Singapura diharapkan menjadi mitra strategis mengingat secara letak maupun geografisnya sangat dekat dengan Indonesia maupun IKN. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, saat ini merupakan timing nan baik untuk action melaksanakan seluruh rencanaa-rencana pembangunan IKN.

“Saat ini beberapa akomodasi dasar seperti pembangunan waduk untuk pasokan bahan baku air minum sudah nyaris 95 persen dikerjakan. Bulan September 2023 kelak Waduk Sepaku Semoi akna bisa menampung 10 juta m23 air waduk seluas 344 hektar. Saat ini dari 6.700 hektar ada area nan bisa dimanfaatkan swasta untuk perkantoran, perhotelan, perdagangan, rumah sakit, sekolah, dan lainnya nan bisa dimanfaatkan,” bebernya.

Sementara itu Duta Besar Singapura Kwok Fook Seng mengatakan, pihaknya bukan hanya membawa pengusaha dari Singapura tapi juga pengusaha dari negara lain nan berkantor di Singapura dan ini untuk menunjukkan minat nan besar terkait IKN nan datang dari seluruh dunia.

“Sangat krusial bagi kami untuk memandang langsung perkembangan di IKN, seeing is believing. Dengan telah memandang sendiri perkembangan IKN maka perihal itu bisa disampaikan kepada instansi pusat masing-masing pengusaha mengenai kesempatan upaya nan ada di IKN,” imbuhnya.

Di mana saja 7 letak sunrise property nan mempunyai potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas