Dua Kawasan Ekonomi Khusus di Bali Didorong Untuk Datangkan Investasi Triliunan

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Dua Kawasan Ekonomi Khusus di Bali Didorong Untuk Datangkan Investasi TriliunanDua Kawasan Ekonomi Khusus di Bali Didorong Untuk Datangkan Investasi Triliunan

RumahCom – Salah satu upaya pemerintah untuk mendorong perekonomian adalah dengan mengonsep area ekonomi unik (KEK) untuk mengoptimalkan potensi kawasannya. Bali mempunyai dua KEK nan diarahkan untuk KEK pariwisata dan KEK kesehatan nan bakal mendatangkan investasi triliunan rupiah.

Pemerintah terus mendorong pengembangan area ekonomi unik (KEK) untuk menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di Indonesia dan mendorong perekonomian daerah. KEK nan ditujukan sebagai destinasi wisata juga untuk meningkatkan daya saing daerah hingga memperbaiki suasana investasi.

Saat ini terdapat 20 KEK nan tersebar di seluruh Indonesia dan dua diantaranya berlokasi di Kota Denpasar, Provinsi Bali ialah KEK Sanur (Kesehatan) nan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2022 dan KEK Kura- Kura Bali (Pariwisata) nan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2023.

Keberadaan dua KEK di Bali ini diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata terkait mendorong produk domestik regional bruto (PDRB) Bali serta membuka lapangan pekerjaan baru di daerah Denpasar. KEK Kura-kura Bali misalnya, ditargetkan bisa menarik investasi hingga Rp104,4 triliun dan membuka lapangan kerja hingga 99.853 orang baik langsung dan tidak langsung ketika beraksi penuh pada tahun 2052 mendatang.

Sementara KEK Sanur nan bergerak di bagian hospitality jasa kesehatan ditargetkan bisa mengundang investasi mencapai Rp10,2 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 43.647 orang. Tentunya untuk mewujudkan target-target besar ini dibutuhkan support dan komitmen dari seluruh stakeholder.

Untuk mendukung operasionalisasi dan pengembangan KEK di Pulau Bali, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menerbitkan Keputusan Presiden No. 6 Tahun 2023 tentang Dewan Kawasan KEK Provinsi Bali nan menetapkan Gubernur Bali sebagai Ketua Dewan Kawasan, Walikota Denpasar sebagai Wakil Ketua Dewan Kawasan, Sekretaris Daerah Provinsi Bali sebagai ex- officio Sekretaris Dewan Kawasan, serta personil Dewan Kawasan lainnya.

Selain itu juga telah ditetapkan Keputusan Ketua Dewan Nasional KEK No. 1 Tahun 2023 tentang Penetapan PT Bali Turtle Island Development (BTID) sebagai Badan Usaha Pembangun dan Badan Usaha Pengelola (BUPP) KEK Kura Kura Bali nan mempunyai tanggungjawab untuk melakukan pembangunan dan pengelolaan kawasan, termasuk menghadirkan investasi baru di KEK.

“Keputusan Presiden Dewan Kawasan sudah ada dan diserahkan kepada gubernur. Tadi juga sudah disampaikan Penetapan BUPP untuk KEK Kura-kura Bali sehingga saat ini sudah komplit semua persyaratan umum nan diperlukan untuk kedua KEK ini, tingal kita berbareng Gubernur Bali bakal terus mendorong perkembangannya,” ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso nan juga Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK.

Untuk itu ada tanggungjawab Dewan Kawasan untuk turut mendukung KEK salah satunya melalui pemberian insentif daerah nan kudu ditetapkan melalui Peraturan Daerah. Selain akomodasi Insentif fiskal dari pemerintah pusat, ada juga akomodasi nan diberikan oleh daerah berupa insentif daerah. Hal ini harus  didorong bersama-sama untuk menumbuhkan kedua sektor di Bali lebih tinggi lagi.

Terkait pertumbuhan ekonomi khususnya di daerah Bali, Gubernur Bali I Wayan Koster juga sepakat jika kedua KEK di Bali tersebut kudu bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di Bali.

“Dua KEK ini kudu bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di Bali selain sektor pariwisata nan mendatangkan turis dari negara lain. Kita juga punya segmen unik untuk kelas middle up untuk kedua KEK ini nan bakal kita garap sehingga spending mereka bisa mendorong PDRB Bali ke depan,” katanya.

Akhirnya kegiatan ini bakal mendorong tranformasi pariwisata Bali dari mass tourism ke quality tourism. Koster juga menambahkan, dari sisi strategi kedua KEK ini sangat krusial bagi ekonomi Bali dan bakal berkontribusi untuk PDRB Bali, mendorong akibat ekonomi ke sektor terkait, membuka lapangan kerja baru, dan mendatangkan tenaga nan berkelas, serta bisa mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di mana saja 7 letak sunrise property nan mempunyai potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas