Harga Rumah Subsidi Tak Naik-naik, Tapi Pengembang Dapat Bantuan PSU

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Harga Rumah Subsidi Tak Naik-naik, Tapi Pengembang Dapat Bantuan PSUHarga Rumah Subsidi Tak Naik-naik, Tapi Pengembang Dapat Bantuan PSU

RumahCom – Patokan nilai rumah subsidi oleh pemerintah tidak kunjung dinaikkan sejak lebih dari tiga tahun lalu. Namun begitu ada program support PSU untuk kalangan perusahaan developer nan diharapkan bisa mendorong pembangunan rumah subsidi.

Program perumahan pemerintah bukan hanya ditujukan langsung kepada masyarakat penerima alias kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kendati tujuannya tetap untuk MBR selaku konsumen, ada juga program subsidi perumahan nan diperuntukkan bagi kalangan developer nan membangun rumah subsidi.

Bantuan nan diberikan kepada perusahaan developer berupa komponen support prasarana, sarana dan utilitas (PSU). Program ini digunakan untuk membangun jalan lingkungan perumahan, jaringan air bersih, pengolahan sampah, maupun utilitas lainnya sehingga area nan dikembangkan kediaman subsidi bisa mempunyai sarana utilitas nan baik dan menambah kenyamanan penghuninya.

“Bantuan PSU ini juga merupakan insentif bagi developer rumah subsidi lantaran sudah lebih dari tiga tahun patokan nilai rumah subsidi tidak naik. Bantuan ini tercantum dalam Peraturan Menteri PUPR No. 7 Tahun 2022 nan mengatur setidaknya empat support PSU untuk perumahan bersubsidi,” ujar Fitrah Nur, Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.

Pembangunan rumah subsidi bukan hanya memberikan akses masyarakat pada kediaman nan layak tapi juga mendorong menggeliatnya perekonomian kawasan. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya sektor industri nan bakal bergerak saat industri properti bergerak dengan membangun banyak perumahan.

Adapun beberapa komponen program support PSU nan diberikan kepada developer antara lain jalan lingkungan, jaringan air bersih, pengelolaan sampah, serta akses jalan menuju letak perumahan. Pengembang nan membangun minimal 100 unit rumah maka support PSU nan diberikan mencapai 50 persen dari site plan nan ada.

“Untuk terus mendorong pembangunan rumah subsidi, kami juga membujuk pemerintah daerah setempat untuk menggerakkan developer lokal dan komersial di daerahnya untuk terus memperbanyak pembangunan. Meskipun margin keuntungannya lebih kecil, faedah dari pembangunan rumah subsidi memberikan akibat ikutan hingga 175 industri di bagian perumahan,” imbuhnya.

Manakah jenis properti nan cocok untuk kamu, Rumah alias Apartemen? Temukan jawabannya di video berikut ini, yuk!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas