IKN Kukuhkan Menjadi Kota Hutan dan Netral Karbon

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
IKN Kukuhkan Menjadi Kota Hutan dan Netral KarbonIKN Kukuhkan Menjadi Kota Hutan dan Netral Karbon

RumahCom – Otorita IKN menggandeng ADB untuk mewujudkan konsep IKN sebagai kota rimba dan netral karbon tahun 2045. Seluruh perencanaan, pembangunan, hingga operasional kota ini bakal dipastikan mempunyai akibat nan minimal pada lingkungan.

Pemerintah terus menjalin kerja sama dengan beragam pihak untuk pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Yang terbaru dengan Asian Development Bank (ADB) alias Bank Pembangunan Asia dengan dilakukannya nota kesepahaman (MoU) untuk membuka jalan bagi kerja sama perencanaan dan pembangunan IKN.

Lebih unik lagi, kerja sama dengan ADB bakal lebih konsentrasi pada pengembangan IKN sebagai kota rimba nan netral karbon sebagaimana nan direncanakan sejak awal. Kesepakatan tersebut telah ditandatangani di Rapat Umum Tahunan ADB ke-56 antara Ketua Otorita IKN Bambang Susantono dengan Wakil Presiden ADB Ahmed M. Saeed.

Berdasarkan MoU tersebut, ADB dan Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama memastikan bahwa pengembangan ibu kota baru Nusantara dirancang dengan baik dengan akibat lingkungan nan minimal dan sasaran emisi bersih nol pada 2045.

MoU tersebut juga mengonfirmasikan lebih lanjut upaya berbareng ADB dan Pemerintah Indonesia untuk memobilisasi potensi pembiayaan dari akomodasi pembiayaan suasana dan kerja sama pemerintah-swasta untuk mendorong pembangunan IKN nan inklusif dan berkepanjangan (sustain).

“IKN merupakan kesempatan unik untuk meneruskan praktik terbaik internasional dalam perencanaan, pembangunan, dan pembiayaan sebuah kota. Kami sangat senang ADB bisa ikut mendukung Otorita IKN dalam pengembangannya dengan rencana nan efektif untuk merealisasikan visi sebagai kota rimba nan pandai dan netral akrbon,” ujar Ahmed M. Saeed.

Otorita IKN dibentuk pada bulan Maret 2022 sebagai lembaga setingkat menteri nan kedudukannya langsung di bawah presiden. Selanjutnya, otorita ini bakal bertanggung jawab pada penyelenggaraan perencanaan dan pembangunan IKN serta mengawasi peralihan pemerintah ke IKN dann pada akhirnya bakal menjadi pengelola kota tersebut.

Sementara itu Ketua Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, IKN bakal terus mengukuhkan jalan menjadi ibukota rimba berkepanjangan nan pertama di bumi dan juga sebagai kota netral karbon pertama di Indonesia pada tahun 20245 nanti.

“Untuk itu kami terus menggandeng beragam lembaga internasional seperti ADB untuk membantu IKN berkontribusi pada agenda dunia guna mengatasi perubahan iklim, meningkatkan keanekaragaman hayati, dan memenuhi tujuan pembangunan berkepanjangan (SDGs),” imbuhnya.

ADB sendiri berkomitmen untuk mencapai Asia dan Pasifik nan makmur, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan, serta terus melanjutkan upayanya memberantas kemiskinan ekstrem. Didirikan pada tahun 1966, ADB dimiliki oleh 68 personil dan 49 diantaranya berada di area Asia dan Pasifik.

Menggunakan pemasok properti untuk membantu proses pembelian rumah menjadi lebih lancar dan mudah, Lalu apa sih untungnya? nonton videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas