Jangan Asal Bangun, Penggunaan Bahan Bangunan Juga Harus Tepat

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Jangan Asal Bangun, Penggunaan Bahan Bangunan Juga Harus TepatJangan Asal Bangun, Penggunaan Bahan Bangunan Juga Harus Tepat

RumahCom – Setiap produk material bahan gedung mempunyai kategori hingga karaktesitik untuk disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Menggunakan material nan tepat bukan hanya menghasilkan produk gedung nan berbobot tapi juga kenyamanan pengguna hingga umur pakai nan lebih panjang.

Untuk menghasilkan produk nan baik tentunya dibutuhkan material nan baik dan tepat. Terlebih untuk membangun proyek bentuk berupa gedung untuk kediaman maupun kegunaan lainnya, dibutuhkan beragam bahan material nan tepat dan berkualitas. Salah satu material utama untuk gedung adalah semen.

Semen mempunyai range produknya sendiri sesuai kebutuhan dan saat ini tetap banyak orang nan beranggapan jika semua jenis semen sama saja. Di pasaran, semen bukan hanya beragam dari sisi mereknya tapi ada jenisnya untuk disesuaikan dengan kegunaan gedung sehingga bisa dihasilkan gedung nan berbobot tinggi.

Jenis semen untuk membangun rumah berbdeda dengan semen nan digunakan untuk pembangunan proyek berskala besar. Setidaknya ada lima jenis kategori semen nan saat ini dipasarkan di toko material maupun online store. Supaya tidak salah memilih, simak beragam jenis semen nan umum digunakan sesuai kegunaan bangunannya.

Ordinary Portland Cement (OPC)

Semen jenis OPC adalah material gedung nan umum digunakan dan menjadi produk nan paling banyak diproduksi. Aplikasi jenis semen ini sering dipakai untuk semua jenis struktur beton, gedung bertingkat, jalan raya beton, jembatan, dan terowongan.

Keunggulannya, semen jenis OPC sangat sigap kering dan mempunyai daya rekat nan kuat sehingga hasil adukan tidak mudah retak dan punya kekuatan tekan nan sangat baik.

Portland Pozzolan Cement (PPC)

Jenis semen ini sangat umum digiunakan sebagai bahan pengikat untuk bangunan beton, pemasangan batu bata, paving block, dan sebagainya. Bahan semen ini terdiri dari terak, gipsum, dan bahan anorganik sehingga mempunyai sifat rapat air, tahan sulfat, dan tidak mudah retak.

Portland Composite Cement (PCC)

Jenis PCC banyak direkomendasikan sebagai bahan dasar dalam proses pembangunan perumahan dan jembatan batako. Hal itu lantaran semen ini punya tingkat ketahanan terhadap panas nan tinggi, daya rekat kuat, dan rapat air nan baik. Untuk merek semen ini antara lain Semen SCG, Tiga Roda, Semen Baturaja, Semen Jakarta, Gresik, Semen Padang, Holcim, dan Semen Conch.

Seluruh brand semen ini diformulasikan unik agar sesuai untuk pekerjaan nan memerlukan keterampilan, mempunyai tekstur semen nan lebih halus, rendah penyusutan serta daya rekat tinggi sehingga memudahkan dan mempersingkat waktu pengerjaan plesteran dan acian. 

Semen Putih

Sesuai namanya, semen putih mempunyai warna nan lebih cerah alias putih dengan tekstur nan lebih halus. Semen putih juga punya daya rekat nan tinggi sehingga banyak digunakan dalam beragam jenis campuran seperti acian, bahan perekat, pengisi nat, lain-lain.

Semen Mortar

Semen mortar adalah bahan gedung nan terdiri dari campuran semen, pasir, dan air. Semen ini bisanya digunakan untuk mengikat, mengisi, alias menutup celah tembok nan tidak rata seperti dalam susunan batu bata dan beton. Selain merekatkan, tembok nan dilapisi semen mortar juga bakal menjadi penghalang rembesan air sehingga bisa mengatasi persoalan tembok bocor maupun rembes.

Punya rumah nan mau sigap lunas? simak caranya di video berikut ini agar kediaman segera lunas.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas