Labuan Bajo dan Tana Mori Dipercantik

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Labuan Bajo dan Tana Mori DipercantikLabuan Bajo dan Tana Mori Dipercantik

RumahCom – Untuk mendukung event internasional KTT ASEAN bulan Mei 2023 mendatang, Kementerian PUPR merevitalisasi area destinasi wisata Labuan Bajo dan Tana Mori. Kedua area ini juga bakal didorong untuk menjadi destinasi wisata, lingkungan, dan ekonomi nan sustainable.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan peningkatan beberapa prasarana akomodasi penunjang di Kawasan Labuan Bajo dan Kawasan Tana Mori, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal ini terkait persiapan untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

Peningkatan akomodasi melalui pembangunan dan penghijauan prasarana di letak penyelanggaraan KTT ASEAN ke-42 ini menunjukkan komitmen Indonesia untuk membawa ASEAN menjadi area nan mempunyai peran krusial bagi rakyat, bagi kawasan, dan bagi dunia. Hal tersebut sesuai dengan tema keketuaan Indonesia di ASEAN kali ini ialah ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

“Pembangunan di Kawasan Labuan Bajo dan Kawasan Tana Mori bukan hanya berkedudukan untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42, tetapi juga meningkatkan kualitas pariwisata, lingkungan, dan ekonomi area nan berkelanjutan,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

Peningkatan akomodasi penunjang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tana Mori dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTT Direktorat Jenderal Bina Marga.

Saat ini, progres penyelenggaraan peningkatan akomodasi penunjang di Kawasan Labuan Bajo saat ini sebesar 72,26 persen. Sementara untuk progres penyelenggaraan peningkatan akomodasi penunjang Kawasan Tana Mori saat ini telah mencapai sebesar 93,88 persen.

Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan Kawasan Waterfront Marina nan sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan Juli 2022 dan Puncak Waringin nan diresmikan pada Oktober 2021. Kedua area tersebut juga rencananya bakal digunakan sebagai venue untuk rangkaian kegiatan ASEAN Summit di Labuan Bajo.

Sementara lingkup pekerjaan selanjutnya nan sedang dilakukan di Kawasan Labuan Bajo meliputi pembangunan Mako Polres Manggarai Barat, penataan Promenade Marina Labuan Bajo Zona 4, peningkatan kualitas lansekap koridor jalan Labuan Bajo, penataan lahan parkir VVIP instansi Bupati Manggarai Barat, penataan jalan dan trotoar Sp. Binongko-Sp.Sylvia (Jl. Waecicu), dan penataan median Jalan Yohanes Sehadun (depan Bandara Komodo).

Sedangkan pekerjaan nan dilakukan di Kawasan Tana Mori meliputi pembangunan Roundabout Beach Club, Shelter Dermaga, pemasangan geomat pada koridor jalan Kawasan Tana Mori, penataan bulatan pintu masuk Kawasan ITDC, dan perkuatan lereng dan stabilisasi tanaman pada ruas jalan Labuan Bajo-Tana Mori nan juga telah diresmikan Presiden Jokowi pada 14 Maret 2023 lalu.

“Kami juga membangun Embung Anak Munting di antara Labuan Bajo menuju Tanamori di Desa Warloka, Kecamatan Komodo. Embung Anak Munting mempunyai kapabilitas tampung 159.481,10 m3 dan luas genangan 4,5 hektar dengan kegunaan utama untuk konservasi dan mendukung pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo dalam rangka penyelenggaraan ASEAN Summit,” jelas Diana.

Agar mobilitas setiap hari melangkah lancar, mencari kediaman dekat stasiun menjadi pilihan terbaik. Simak tipsnya pada video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas