Masyarakat Terdampak Bencana Gempa Bumi Cianjur Dapat Rumah Tahan Gempa

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Masyarakat Terdampak Bencana Gempa Bumi Cianjur Dapat Rumah Tahan GempaMasyarakat Terdampak Bencana Gempa Bumi Cianjur Dapat Rumah Tahan Gempa

RumahCom – Hunian tetap (huntap) dengan teknologi rumah tahan gempa (Risha) kembali diserahterimakan untuk masyarakat nan terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Dibangun oleh perusahaan BUMN, huntap sebanyak 351 unit dibangun dalam dua tahap dan dilengkapi juga dengan beragam akomodasi maupun prasarana lainnya.

Perusahaan BUMN PT Brantas Abipraya (Persero) terus mendorong penyelesain pembangunan kediaman tetap (huntap) tahap satu dan dua untuk masyarakat nan terdampak musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Pembangunan huntap ini dilakukan berbareng Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

PT Brantas Abipraya sukses menuntaskan pembangunan huntap tahap satu nan berlokasi di Kecamatan Cilaku sebanyak 200 unit dan tahap dua di Kecamatan Mande sebanyak 151 unit. Dengan begitu total unit huntap nan dibangun untuk masyarakat mencapai 351 unit dan telah mulai dihuni.

“Rumah nan dibangun menggunakan teknologi kediaman tahan gempa alias rumah instan sederhana sehar (Risha) hasil pengembangan Kementerian PUPR. 200 unit tahap pertama telah kami selesaikan bulan Maret 2023 dan tahap kedua juga telah tuntas pada 18 April 2023,” ujar Purnomo, Direktur Operasi II PT Brantas Abipraya.

Untuk pembangunan huntap tahap satu dibbangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dan tahap dua seluas 1,9 hektar. Seluruh gedung huntap juga telah dilengkapi dengan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk kenyamanan penunggu dan memudahkan masyarakat penerima manfaat.

Huntap dengan teknologi Risha nan dibangun seluruhnya bertipe 36 m2 di atas lahan seluas 75 m2 nan mencakup dua bilik tidur, bilik mandi, dapur, dan ruang keluarga. pendekatan lain nan dilakukan untuk membangun huntap ini ialah gedung dan area nan lebih baik dari sebelumnya (build back better).

“Dalam penyelenggaraan pembangunan huntap ini kami mengutamakan kelebihan mutu dan kualitas gedung dan pastinya tahan gempa. Dengan begitu kediaman ini bisa memberikan sarana nan nyaman dan layak untuk masyarakat nan terdampak musibah gempa akhir tahun lalu,” imbuh Purnomo.

Punya rumah nan mau sigap lunas? simak caranya di video berikut ini agar kediaman segera lunas.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas