MRT Fase 4 Hingga LRT Bali Dikerjasamakan Dengan Korsel

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
MRT Fase 4 Hingga LRT Bali Dikerjasamakan Dengan KorselMRT Fase 4 Hingga LRT Bali Dikerjasamakan Dengan Korsel

RumahCom – Pemerintah menggandeng Korea Selatan untuk pengembangan proyek transportasi publik di Indonesia seperti MRT fase 4 hingga LRT Bali. Dengan kerja sama ini bakal mempercepat aplikasi sarana transportasi publik di Indonesia mulai dari pemanfaatan, operasional, hingga maintenance-nya.

Kerja sama dua negara antara Indonesia dan Korea Selatan kembali dilakukan untuk pengembangan proyek pembangunan prasarana kereta MRT fase 4 rute Fatmawati-TMII dan kereta ringan LRT Bali. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan pertemuan dengan Chairman & CEO Korea National Railway (KNR) Mr. Kin Hanyoung dan CEO Korea Overseas Infrastructure & Urban Development Corporation (KIND) Mr. Kang Hoon Lee.

KNR dan KIND merupakan dua perusahaan asal Korea Selatan nan menjadi bagian dari Konsorsium Korea (Korean Consortium/K-Consortium) untuk proyek pembangunan MRT Fase 4, berbareng satu perusahaan lainnya ialah Samsung C&T. Semuanya berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan dan penyelesaian kedua proyek tersebut.

“Saat ini tengah dalam tahap penyusunan studi kepantasan baik pra feasibility study maupun feasibility study. Komitmen kelanjutan proyek pembangunan MRT fase 4 Fatmawati-TMII telah ditunjuk melalui penandatanganan komitmen kerja sama antara PT MRT Jakarta dengan K-Consortium melalui kerja sama pemerintah dan badan upaya (KPBU),” ujar Budi.

Penandatanganan nota kesepahamann (MOU) juga telah dilakukan sejak akhir tahun lampau di Bali dalam event G20. Direktorat Perkeretaapian Kementerian Perhubungan juga telah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta tentang kajian nan sudah dilakukan oleh K-Consortium. Saat ini kajiannya tengah di-review alias dievaluasi oleh pihak Pemprov DKI sebagai penanggung jawab proyek pembangunan MRT Jakarta fase 4.

Sementara terkait protek pembangunan LRT Bali, Budi mengatakan tengah dalam tahap persiapan studi kepantasan dan nantinya bakal didanai melalui skemma support alias Official Development Assistance (ODA) dari Korea Selatan. Untuk pendanaan konstruksinya sendiri bakal dilakukan melalui skema KPBU.

“Dengan komitmen dari semua pihak, kedua proyek perkeretaapian ini ditargetkan bisa mencapai kemajuan nan signifikan dan diselesaikan sesuai dengan target. Untuk itu terus didorong partisipasi dan kerja sama lebih lanjut dari KNR, KIND, maupun perusahaan Korea Selatan lainnya khususnya untuk pengembangan perkeretaapian maupun proyek prasarana transportasi lainnya di Indonesia,” pungkas Budi.

Untuk diketahui, KNR adalah perusahaan kereta api nasional Korea Selatan nan mengoperasikan jaringan kereta api di seluruh Korea Selatan dan bertanggung jawab atas pengelolaan, pemeliharaan, dan pengembangan prasarana kereta api di negara tersebut. Sedangkan KIND adalah perusahaan nan bertanggung jawab atas pengembangan prasarana dan pembangunan perkotaan di luar Korea Selatan nan bertindak sebagai fasilitator, koordinator, dan penanammodal dalam proyek Kemitraan Pemerintah-Swasta Public-Private Partnership (PPP) secara global.

Agar mobilitas setiap hari melangkah lancar, mencari kediaman dekat stasiun menjadi pilihan terbaik. Simak tipsnya pada video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas