Nih, Gambaran Rumah Menteri Di IKN Yang Ditargetkan Selesai Juni 2024

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Nih, Gambaran Rumah Menteri Di IKN Yang Ditargetkan Selesai Juni 2024Nih, Gambaran Rumah Menteri Di IKN Yang Ditargetkan Selesai Juni 2024

RumahCom – Rumah untuk kedudukan menteri di IKN dibangun seluas 580 m2 di atas lahan 1.000 m2 dengan model downslope-upslope. Sebanyak 36 unit rumah untuk kedudukan menteri ini ditarget selesai pada pertengahan tahun depan berbarengan dengan area KIPP IKN.

Tahap awal pembangunan kediaman di Ibukota Nusantara (IKN) terus didorong oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Salah satunya pembangunan rumah tapak (landed house) untuk kalangan pejabat tinggi negara.

Sebanyak 36 unit rumah tapak kedudukan menteri dibangun Kementerian PUPR di atas lahan seluas lebih dari 10 hektar selain 105 unit dengan luas lebih dari 9 hektar untuk area inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN.

“Hingga saat ini progres pengerjaan untuk rumah tapak kedudukan menteri di IKN sudah mencapai lebih dari 10 persen dan itu lebih sigap dari sasaran perencanaan nan mencapai 8 persen. Selain pembangunan bentuk gedung dikerjakan juga persemaian bibit tumbuhan sehingga kelak saat gedung bentuk jadi kawasannya juga sudah hijau,” ujar Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto.

Beberapa vegetasi nan ditanam di area komplek rumah tapak menteri antara lain pohon ketapang, anggrek hitam, pohon buah-buahan, dan sebagainya nan saat ini disiapkan di area nursery di KIPP IKN.

Adapun perusahaan konstraktor nan membangun rumah kedudukan menteri maupun area KIPP ialah perusahaan BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk kerja sama operasi (KSO) dengan PT Ciriajasa Engineering Consultant. Sementara itu paket manajemen bangunan pembangunannya dilaksanakan oleh PT Yodya Karya (Persero), PT Indah Karya (Persero)-PT Surya Perkasa Raya KSO.

Ruang lingkup pekerjaannya meliputi antara lain perencanaan persil 104 dan 105, pekerjaan bangunan rumah tapak, akomodasi umum dan sosial area pekerjaan prasarana kawasan, dan pekerjaan furnitur. Desain rumahnya ada dua jenis ialah jenis downslope dan jenis upslope dengan luas gedung 580 m2 di atas lahan seluas 1.000 m2.

“Rumah tapak untuk kedudukan menteri ini dibangun dua lantai dengan lantai pertama untuk teras, ruang kerja, ruang tunggu kedinasan, area kedinasan, ruang tamu keluarga, dan bilik tidur tamu. Di lantai dua merupakan area privat dengan ruang keluarga, bilik tidur utama, bilik anak, dan lainnya,” jelas Iwan.

Dengan progres pembangunan nan lancar Kementerian PUPR bakal terus mengawal seluruh proses pembangunan bangunan di IKN agar dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan. Target lainnya nan diutamakan ialah kualitas bentuk hingga penyelesaian pada bulan Juni 2024.

Konsep TOD merupakan program pengembangan area properti nan memaksimalkan kegunaan transportasi massal. Selengkapnya simak di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas