Pandemi Membaik Dorong Peningkatan Recurring Income Developer

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Pandemi Membaik Dorong Peningkatan Recurring Income DeveloperPandemi Membaik Dorong Peningkatan Recurring Income Developer

RumahCom – Perusahaan developer mencatatkan keahlian upaya nan baik di periode awal tahun 2023 nan didorong dari capaian recurring income seiring berakhirnya pandemi Covid-19. Pengelolaan upaya hospitality terus menunjukan peningkatan khususnya pusat perbelanjaan, perhotelan, dan lainnya.

Kuartal pertama tahun 2023 menjadi momentum bagi banyak perusahaan developer mencatatkan peningkatan keahlian bisnisnya. Emiten properti PT Pakuwon Jati Tbk menjadi salah satu perusahaan developer nan mencatatkan peningkatan itu dengan membukukan untung bersih sebesar Rp658 miliar untuk periode Januari-Maret 2023.

Laba bersih Rp658 miliar tersebut naik hingga 61 persen dibandingkan periode nan sama tahun 2022. Untuk periode kuartal pertama 2023 Pakuwon Jati juga sukses membukukkan marketing sales sebesar Rp298 miliar dan perihal ini sejalan dengan pertumbuhan pendapatan bersih menjadi Rp1,38 triliun alias naik 5,9 persen dari sebelumnya Rp1,3 triliun.

Mengutip laman keterbukaan informasi perusahaan, pertumbuhan untung ini ditopang oleh pendapatan berulang (recurring income) sebesar Rp1,08 triliun alias naik 28,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp842 miliar.

Kinerja upaya dari porsi recurring income ini disumbang antara lain oleh perkantoran sebesar Rp600 miliar, office leasing Rp80 miliar dari sebelumnya Rp75 miliar. Untuk segmen hospitality menyumbang sebesar Rp260 miliar alias naik 56 persen dibandingkan tahun lampau sebesar Rp167 miliar.

Dari segmen development, capaian Pakuwon Jati malah turun 35,3 persen menjadi Rp301 miliar dibandingkan tahun lampau sebesar Rpp465 miliar. Berdasarkan revenue per segmennya terbagi atas revenue dari ritel leasing sebesar Rp465 milir. Sementara itu porsi dari setiap segmen antara lain ritel leasing 54 persen, hotel dan service apartment 19 persen, office leasing 6 persen, kondominium 8 persen, penjualan landed house 10 persen, dan penjualan perkantoran 3 persen.

Sepanjang periode Januari-Maret 2023 ini capaian perusahaan dari sisi marketing sales mencapai Rp298 miliar, turun dari sebelumnya Rp380 miliar. Adapaun komposisi penjualan periode triwulan pertama dari landed house sebesar 47 persen, kondominium 51 persen, dan perkantoran 2 persen.

Pakuwon Jati juga menggelontorkan shopping modal untuk periode awal tahun 2023 sebesar Rp511 miliar. Dana ini digunakan untuk pembangunan Pakuwon Mall Bekasi, Pakuwon City Mall, pembaharuan Pakuwon Mall Yogyakarta dan Solo Baru, serta pembelian Hotel Four Points by Sheraton Bali, dan pembelian lahan baru.

Untuk tahun ini telah dialokasikan anggaran shopping modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp2,4 triliun nan berasal dari kas internal perusahaan. Saat ini Pakuwon Jati juga menyatakan mempunyai kas internal nan solid mencapai Rp7 triliun sehingga sangat bisa untuk melakukan beragam tindakan perusahaan seperti rencana ekspansi dan lainnya.

Bangun rumah tidak kudu selalu mahal. Siasati trik bangun rumah dengan anggaran minim lewat video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas