Peluang Mendapatkan Investor Asing Melalui Undang-Undang Baru: PropertyGuru Indonesia CEO & Leaders Forum 2023

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

 OMNIBUS LAW TENTANG CIPTA KERJA DI INDONESIA DIHARAPKAN MEMUDAHKAN ATURAN KEPEMILIKAN REAL ESTAT BAGI WNA

JAKARTA, Indonesia — Peluang baru mungkin muncul lantaran relaksasi kebijakan nan baru-baru ini dikeluarkan mengenai patokan kepemilikan properti bagi penduduk asing di Indonesia, menjadi latar belakang rumor dari obrolan CEO & Leaders Forum PropertyGuru Indonesia nan diadakan pada 16 Mei 2023 di Langham Jakarta. 

Forum tingkat tinggi ini dihadiri oleh para pemimpin industri dan petinggi pemerintahan, nan diselenggarakan oleh Rumah.com, portal properti terkemuka di Indonesia, bekerja sama dengan PropertyGuru For Business dan PropertyGuru Asia Property Awards. 

Indonesia bersiap menyambut akibat positif dari Omnibus Law Cipta Kerja nan disahkan pada Maret 2023. Undang-undang tersebut bermaksud untuk menciptakan lapangan kerja, menarik investasi asing dan domestik, serta merangsang perekonomian.

Pada pembahasan undang-undang baru Indonesia di CEO & Leaders Forum nan sebelumnya telah diadakan pada Perayaan Gala PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-9, telah diakui bahwa pencapaian developer real estat merupakan pencapaian terbaik di negara ini, termasuk perusahaan di kembali pengembangan industri utamanya, hingga di platform internasional.

Diskusi lanjutan kali ini, bakal dipandu oleh beberapa orang pembicara antara lain Marine Novita, country manager Rumah.com, nan berkedudukan sebagai moderator. Paulus Totok Lusida, sebagai ketua Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Real Estate Indonesia; Suyus Windayana, Dirjen Penetapan dan Pendaftaran Hak Atas Tanah (PHPT) Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR BPN); dan Winston Lee, kepala Proyek Khusus di PropertyGuru Group.

Forum juga bakal dibuka dengan ucapan sambutan unik dari Jules Kay, general manager PropertyGuru Asia Property Awards and Events, dan Vivin Harsanto, ketua majelis juri independen PropertyGuru Indonesia Property Awards dan senior director dan head of advisory di JLL Indonesia.

Di antara banyak nya ketentuan nan ditetapkan dalam Omnibus Law 2023 salah satu nya adalah pedoman nan lenggang untuk mempekerjakan tenaga kerja asing dan perpajakan penduduk negara asing nan memperoleh penghasilan di luar negeri, nan dapat menjadi stimulus untuk kepemilikan properti. Undang-undang tersebut juga diharapkan dapat membantu pemulihan sektor pariwisata dan meningkatkan jumlah kunjungan pengunjung di Indonesia.

Saat ini Indonesia pun terus menerima masuknya investasi asing, dengan beberapa perusahaan multinasional nan baru-baru ini mulai gencar dalam membangun pabrik-pabrik manufaktur dan industri di negara ini, perihal tersebut dikutip dari penelitian dari Property Report by PropertyGuru, the official magazine of the Awards.

Menurut Laporan Pasar Properti Rumah.com Q2 2023, semua parameter menunjukkan pemulihan dari musiman akhir tahun sepanjang Q1 2023. Permintaan apartemen turut meningkat, tumbuh 15% dari kuartal ke kuartal lebih baik daripada minat permintaan untuk perumahan, di tengah pertumbuhan nilai nan stagnan dibandingkan dengan daerah Jabodetabek lainnya.

“Indonesia memasuki bumi pasca-pandemi dengan tingkat dengan tingkat kepercayaan bakal kestabilan nan tinggi. Indonesia terbukti handal menghadapi turbulensi di tahun 2022. Kita mempunyai semangat muda nan optimis diiringi dengan reformasi norma dan kelembagaan sepanjang era Joko Widodo nan dinilai baik. Omnibus Law, nan diperkenalkan pada tahun 2021,menawarkan banyak kemudahan di bagian investasi dan disisi lain dapat memberikan agunan nan sangat dibutuhkan. Menjelang tahun pemilu, masyarakat Indonesia mengalami dan merayakan banyak pembangunan prasarana baru, perubahan ibu kota, dan sarana mobilitas baru dalam kehidupan sehari-hari. Kami siap dan antusias untuk menikmati style hidup baru dan penawaran dari developer nan inovatif.” Ujar Marine Novita selaku country manager Rumah.com.

Menurut informasi dari Indonesia Property Market Report Q1 2023 nan dirilis Rumah.com, pencarian properti residensial dengan nilai di atas Rp1 miliar terus meningkat, menandakan daya beli konsumen di tanah air tetap terjaga. Indeks nilai dan pasokan properti residensial di situs tersebut mencatat kenaikan tahunan moderat masing-masing sebesar 5,8% dan 6,8%, pada kuartal keempat tahun 2022.

Bob Koppes, Director of Strategy for Data and Software Solutions di PropertyGuru Group, nan membikin presentasi unik di forum tersebut, menambahkan: “Memanfaatkan informasi permintaan, penawaran, dan nilai konsumen kami untuk memperoleh wawasan nan dapat ditindaklanjuti merupakan kekuatan nan luar biasa bagi pasar properti Indonesia karena, di antaranya perihal lain, memungkinkan developer untuk mengoptimalkan penargetan iklan dan mempromosikan secara lebih efektif kepada pembeli properti lokal dan internasional.”

Untuk mendukung orang-orang berprestasi di pasar real estate Indonesia nan dinamis, the exclusive gala dinner and ceremony of the annual PropertyGuru Indonesia Property Awards bakal diadakan di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, the official venue of the Awards, pada hari Jumat, 15 September 2023. Entri nan memenuhi syarat bakal diterima pada registrasi secara online nan akajn dibuka hingga7 Juli 2023 melalui asiapropertyawards.com/

“Pasar properti Indonesia tetap bertahan, dan pencabutan pembatasan sosial dapat semakin memicu peningkatan kegiatan pasar. Hal ini didorong oleh permintaan positif untuk sektor perumahan dari beberapa tahun terakhir dari logistik pihak ketiga dan FMCG Industri real estate nan juga juga bakal semakin diuntungkan dengan ekspansi jaringan jalan tol serta proyek prasarana transportasi. Dengan latar belakang nan positif ini, kami sangat ceria dengan 9th PropertyGuru Indonesia Property Awards lantaran kami memandang para pencari properti di tanah air menjadi lebih berilmu dalam memilih produk dan proyek, dan developer terkemuka dan peraih penghargaan condong masuk dalam daftar pilihan mereka.” Ujar Vivin Harsanto selaku chairperson of the independent panel of judges of the PropertyGuru Indonesia Property Awards and senior director and head of advisory at JLL Indonesia.

Jules Kay berkata: “Kami telah memandang pasar properti di Indonesia ter-diversifikasi secara ekstensif dalam delapan tahun kami mengadakan seremoni gala di sini. Kami bangga mengakui pencapaian tinggi sektor real estat Indonesia dan memamerkannya ke khalayak internasional.”

Diselenggarakan oleh PropertyGuru Group, program PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-9 didukung oleh sponsor platinum Kohler; venue resmi The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place; mitra portal resmi Rumah.com; majalah resmi Laporan Properti oleh PropertyGuru; mitra publisitas resmi Publicom Communications; mitra media Detikfinance, Kompas, dan Top 10 Indonesia; dan pejabat pengawas HLB.

PropertyGuru For Business adalah brand baru dari PropertyGuru Group, didedikasikan untuk memberdayakan upaya melalui rangkaian solusi eksklusif nan terpadu kepada pelanggan perusahaan di semua pasarnya. Tujuan untuk setiap kebutuhan developer dan mitra bisnis, PropertyGuru For Business mempunyai beragam solusi perusahaan, termasuk platform pemberdayaan penjualan developer berbobot tinggi, FastKey, DataSense, ValueNet, Penghargaan, acara, dan publikasi di seluruh Asia.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.propertyguruforbusiness.com

 

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas