Program Bedah Rumah Juga Dilaksanakan Untuk Kalangan Lansia

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Program Bedah Rumah Juga Dilaksanakan Untuk Kalangan LansiaProgram Bedah Rumah Juga Dilaksanakan Untuk Kalangan Lansia

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong program bedah rumah untuk beragam kalangan di seluruh daerah Indonesia. Salah satunya untuk masyarakat lanjut usia (lansia) nan tersebar di kota dan kabupaten Provinsi Gorontalo nan mendapatkan program bedah rumah untuk sebanyak 1.600 unit.

Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) alias bedah rumah nan disalurkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkembang dengan menyentuh beragam kalangan. Salah satu nan bisa merasakan program bedah rumah ini dari kalangan masyarakat lanjut usia (lansia).

Salah seorang penerima program BSPS Mun Dama, penduduk Desa Huntu Utara, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mengungkapkan rasa senangnya setelah rumahnya nan tidak layak huni mendapatkan program ini sehingga menjadi lebih baik dan layak huni.

“Umur saya saat ini 79 tahun dan tinggal di rumah nan tidak layak berbareng anak-anak. Saat pemerintah melaksanakan verifikasi usulan penerima support program BSPS akhirnya rumah saya diperbaiki seperti saat ini. Semoga semakin banyak masyarakat khususnya lansia seperti saya nan bisa merasakan program ini,” ujarnya.

Sebelumnya, kondisi rumah Mun Dama sangat tidak layak terlebih untuk kediaman lansia seperti dirinya. Sebagian tembok rumahnya telah retak dan lantainya juga diplester semen seadanya sementara atapnya banyak nan berlubang sehingga sinar mentari bisa masuk dan pastinya air hujan.

Mun Dama sendiri kondisinya tengah sakit sehingga Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program BSPS dan tim dari Bank Mandiri selaku bank penyalur biaya BSPS mendatangi langsung ke rumahnya untuk melakukan penyerahan kitab tabungan program BSPS.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, Kementerian PUPR berbareng pemerintah daerah bakal terus mendorong penyelenggaraan program BSPS nan salah satu tujuannya untuk mengurangi rumah tidak layak huni di beragam daerah.

“Melalui program BSPS ini pemerintah juga mau mendorong semangat gotong royong lantaran penyelenggaraan program ini mengharuskan masyarakat penerima support membikin golongan dengan masyarakat sekitar untuk ikut melakukan membedah rumahnya. Program ini sifatnya stimulan untuk meningkatkan kualitas kediaman dan mengurangi area kumuh di daerah,” katanya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi I Recky W Lahope menjelaskan, sebanyak 266 unit rumah masyarakat dari 26 desa nan tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango nan mendapatkan program BSPS dari pemerintah pusat.

“Alokasi untuk program bedah rumah di Provinsi Gorontalo untuk membedah sebanyak 1.600 unit rumah. Lokasinya tersebar di sejumlah kabupaten dan kota seperti Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kabupaten Bone Bolango nan setiap daerah sebanyak 266-267 unit,” jelasnya.

Di mana saja 7 letak sunrise property nan mempunyai potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas