Proyek Tanggul Laut Jakarta Terus Dikebut, Ini Dampaknya Untuk Perekonomian Hingga Lingkungan

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Proyek Tanggul Laut Jakarta Terus Dikebut, Ini Dampaknya Untuk Perekonomian Hingga LingkunganProyek Tanggul Laut Jakarta Terus Dikebut, Ini Dampaknya Untuk Perekonomian Hingga Lingkungan

RumahCom – Proyek tangul laut Jakarta NCID terus didorong dan salah salah satu segmennya dibangun oleh perusahaan BUMN. Proyek ini bukan sekadar meminimalisir akibat banjir rob tapi juga penataan area sehingga berakibat luas untuk ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Salah satu upaya menanggulangi banjir di Kota Jakarta adalah dengan menjalankan proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCID). Proyek ini merupakan upaya perlindungan terhadap ancama banjir rob nan terus meningkat akibat penurunan permukaan tanah dan kenaikan air laut nan dilaksanakan melalui perkuatan dan peninggian tanggul di daerah pesisir.

Kontraktor pelaksana untuk proyek ini dilaksanakan oleh perusahaan BUMN PT Brantas Abipraya (Persero) nan ikut membangun dan berkontribusi dalam pengendalian terpadu banjir ibukota melalui pembangunan pengamanan pantai di pesisir Teluk Jakarta tahap 6 paket 2.

“Ini merupakan pembangunan struktur pengaman pantai nan menggunakan material spun pile berdiameter 800 milimeter dan panjang 24 meter. Berlokasi di Cengkareng Drain, Kelurahan Kamal Muara dan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, gedung tanggul ini mempunyai panjang 450 meter di tanggul sandaran kanan dan 465 meter di tanggul sandaran kiri,” ujar Muhammad Toha Fauzi, Direktur Operasi I Brantas Abipraya.

Adapun lingkup pekerjaan nan dilakukan dalam pembangunan tanggul ini antara lain pekerjaan persiapan, pekerjaan tiang pancang, struktur capping beam K-225, pekerjaan timbunan tanah merah, dan pekerjaan lainnya. Proyek nan dikerjakan sejak bulan Desember 2022 ini ditargetkan selesai pada Oktober 2023 dan saat ini progresnya telah mencapai 24 persen.

Pada pembangunan pengamanan pantai di pesisir Teluk Jakarta tahap 6 paket 2, tepatnya di Cengkareng Drain, menggunakan spun pile (bulat) berdiameter 800 cm dengan panjang 24 meter untuk kebutuhan total material spun pile sebanyak 949 batang dengan CT Join untuk pengikat antara spun pile.

Dikerjakan dengan sumber biaya dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun Anggaran 2022-2023, selain untuk mengatasi banjir akibat rob adanya tanggul ini nantinya juga dapat berkontribusi mengurangi kerugian ekonomi dan sosial seluruh masyarakat Jakarta. NCID juga berfaedah sebagai pemisah pengembangan daratan di area pesisir Ibukota.

Melalui proyek pembangunan tanggul laut ini, PT Brantas Abipraya mau terus berkontribusi melalui kegiatan pembangunan khususnya penahan air laut akibat gelombang pasang alias banjir rob. Proyek ini bakal meminimalisir kerugian secara ekonomi dan sosial selain pengembangan penataan kawasan.

“Proyek ini bakal terus digenjot pengerjaannya untuk memastikan pembangunannya bisa selesai tepat waktu, tepat mutu, dan tepat biaya. Seluruh pekerjaannya juga mengoptimalkan zero accident, zero fatality accident, dan selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja,” pungkasnya.

Menggunakan pemasok properti untuk membantu proses pembelian rumah menjadi lebih lancar dan mudah, Lalu apa sih untungnya? nonton videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas