Rumah Tahan Gempa Kembali Diserahterimakan Untuk Masyarakat Cianjur

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Rumah Tahan Gempa Kembali Diserahterimakan Untuk Masyarakat CianjurRumah Tahan Gempa Kembali Diserahterimakan Untuk Masyarakat Cianjur

RumahCom – Sebanyak 151 unit rumah tahan gempa dengan teknologi Risha kembali disiapkan untuk masyarakat nan terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Seluruh bangunan, infrastruktur, dan akomodasi juga disediakan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat nan terdampak bencana.                               

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan kediaman tetap (huntap) untuk relokasi masyarakat nan terdampak musibah gempa bumi di Ciamis, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pembangunan huntap ini merupakan tahap kedua sebanyak 151 unit.

“Pembangunan huntap tahap kedua ini kembali menggunakan teknologi rumah instan sederhana sehat (Risha) hasil pengembangan Kementerian PUPR nan juga merupakan rumah tahan gempa. Pembangunannya dilaksanakan di Kecamatan Mande dan saat ini sudah selesai dibangun sehingga bisa segera dihuni oleh masyarakat nan berhak,” ujar Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto.

Kementerian PUPR terus berupaya untuk mempercepat proses pembangunan huntap beserta akomodasi pendukungnya. Hal ini tidak terlepas dari rumah nan merupakan kebutuhan pokok terlebih masyarakat nan terdampak musibah gempa bumi sudah terlalu lama tinggal di pengungsian alias kediaman sementara.

Adapun rumah berteknologi Risha nan dibangun menerapkan pemasangan maupun aplikasi nan knock down. Rumah dibangun mulai pemasangan panel, atap, lantai, hingga dinding. Bagian dindingnya juga diaci dan diplester, dipasang keramik, plafon, hingga kusen pintu dan jendela.

Berbagai infrasrtuktur maupun sarana lainnya juga dibangun seperti jalan lingkungan, saluran air, dan sebagainya. Rumah Risha untuk masyarakat telah dicat dengan warna dominan putif dengan genting berwarna merah. Untuk prasarana maupun akomodasi lainnya tersedia masjid dan balai warga.

Pembangunan huntap tahap kedua di Kabupaten Cianjur ini dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana perusahaan BUMN PT Brantas Abipraya dan manajemen bangunan PT Indah Karya. Setiap rumah nan dibangun mempunyai jenis 36 m2 dan telah mencakup ruang keluarga, dua bilik tidur, dapur, dan bilik mandi dengan luas kaveling 75 m2.

Masih bingung langkah menghitung kembang KPR? temukan jawabannya di video berikut ini, yuk!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas