Senangnya Mahasiswa UGM Bisa Tinggal di Rusun Dekat Kampus

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
Senangnya Mahasiswa UGM Bisa Tinggal di Rusun Dekat KampusSenangnya Mahasiswa UGM Bisa Tinggal di Rusun Dekat Kampus

RumahCom – Penyediaan kediaman dengan konsep rusun terus dibangun untuk beragam kalangan khususnya mahasiswa perguruan tinggi. Di kampus UGM ada tujuh rusun untuk mahasiswa dan tiga rusun untuk pengajar peneliti dengan akomodasi lengkap, dekat kampus, hingga biaya sewa murah.

Untuk mendukung sektor pendidikan dan meningkatkan SDM bangsa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong program pembangunan perumahan untuk kalangan mahasiswa. Kali ini para mahasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta khususnya nan berasal dari luar kota, bisa tinggal di rumah susun (rusun) nan dibangun Kementerian PUPR.

Bukan hanya gedung rusun, seluruh sarana maupun fasilitasnya juga telah dilengkapi seperti furnitur dasar mulai tempat tidur, lemari, meja belajar, dan sebagainya termasuk beragam sarana lainnnya. Hal ini agar para mahasiswa bisa langsung masuk dan tidak perlu memikirkan untuk membawa beragam perabot rumah tangga.

Nur Fitria Anisa Salsabila, salah saeorang mahasiswa UGM nan berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah, mengaku sangat senang bisa tinggal di Rusun Mahasiswa Kinanti 1 Residence. Jurusan Perencana Wilayah Kota Fakultas Teknik UGM tersebut bisa tinggal di rusun setelah mendaftar secara online.

“Prosesnya mudah tinggal mengisi formular di website UGM dan fotokopi kartu identitas, selanjutnya pihak pengelola bakal menghubungi dan jika kita telah memenuhi persyaratan bisa langsung tinggal di rusun. Tentunya sangat senang mendapatkan akomodasi ini lantaran sangat komplit sehingga saya hanya bawa busana dan buku-buku. Sewanya sangat terjangkau dan lokasiniya sangat dekat dengan kampus,” ujarnya.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menyatakan, Kementerian PUPR terus menggandeng perguruan tinggi agar bisa menyediakan lahan untuk letak pembangunan rusun mahasiswa. Dengan demikian mahasiswa bisa belajar dan tinggal di kediaman vertikal dengan nyaman lantaran lokasinya dekat dengan kampus.

“Rusun untuk mahasiswa merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Kami mau mahasiswa juga bisa belajar tinggal di kediaman vertikal hingga terbiasa dan kita bakal mulai menata area dengan mengoptimalkan lahan untuk hunian,” katanya.

Sementara itu Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa III M. Salahudin Rasyidi mengatakan, setidaknya ada delapan tower rusun yang dibangun untuk mahasiswa dan mahasiswi UGM dan tiga rusun untuk para pengajar penelitinya. Salah satunya adalah Rusun Kinanti 1 nan berlokasi di Jalan Kinanti, Barek, Sinduardi, Mlati Sleman.

“Rusun ini sudah ditempati oleh mahasiswi sejak pertengahan tahun 2019 lampau dan dibangun tujuh lantai nan mencakup 290 bilik untuk dihuni dua mahasiswi dalam satu kamar. Rusun ini juga menjadi percontohan kediaman vertikal nan baik untuk mahasiswa lantaran pengelolaannya sangat baik dan dibangun dengan Building Information Management (BIM) dan gedung hijau,” terangnya.

Agar mobilitas setiap hari melangkah lancar, mencari kediaman dekat stasiun menjadi pilihan terbaik. Simak tipsnya pada video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com nan percaya Anda semua bisa punya rumah

Selengkapnya
Sumber Rumah.com
Rumah.com
Atas