9 Ide Bisnis Selama Libur Nataru, biar Cuan di 2023

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Masa liburan tak selalu kudu diisi dengan kegiatan nan menghabiskan uang. Justru, Anda bisa menjalankan buahpikiran upaya selama libur Nataru agar mendulang cuan. Ilustrasi. Masa liburan tak selalu kudu diisi dengan kegiatan nan menghabiskan uang. Justru, Anda bisa menjalankan buahpikiran upaya selama libur Nataru agar mendulang cuan. (Foto: iStockphoto/chingyunsong)

Jakarta, CNN Indonesia --

Libur Natal dan tahun baru namalain Nataru tak selalu kudu diisi dengan kegiatan nan menghabiskan uang. Justru, libur Nataru bisa menjadi ladang cuan dengan menjalankan buahpikiran upaya nan sesuai momen liburan tersebut.

Berikut dirangkum sembilan ide bisnis selama libur Nataru nan bisa Anda coba biar cuan di 2023. Simak rekomendasinya.

1. Jual kue kering dan camilan

Bisnis jual kue kering dan camilan tentu tak asing lagi di momen Nataru. Bahkan, upaya ini bisa dibilang merupakan buahpikiran nan paling umum ketika momen Nataru datang.

Kendati begitu, jangan takut bersaing. Sebab, sekalipun banyak pemainnya, namun buahpikiran upaya ini ada saja pembelinya. Apalagi, jika Anda punya jaringan pertemanan dan kolega nan luas. Anda bisa memasarkannya melalui media sosial maupun grup WhatsApp misalnya.

Jika Anda bisa membikin kue kering dan camilan, tentu talenta ini bisa digunakan. Jika tidak, Anda bisa coba reseller kue kering dan camilan dari beragam sumber.

Namun, sebaiknya Anda mempelajari dulu hal-hal seputar upaya ini. Misalnya kue kering dan camilan nan bakal dijual tahan berapa lama, seperti apa pengemasannya agar tidak rusak, biaya pengiriman, saluran pemasaran nan bakal digunakan, dan lainnya.

Tujuannya untuk meminimalkan akibat kerugian. Jangan sampai niat mencari untung justru jadi buntung.


2. Jasa bikin hampers

ilustrasi hampers NatalIlustrasi. Ide upaya selama libur Nataru salah satunya dengan membuka jasa pembuatan hampers (Foto: istockphoto/calvste)

Anda nan mau berbisnis reseller kue kering dan camilan juga bisa meningkatkan upaya dengan menambahkan jasa pembuatan hampers Nataru. Ide upaya ini juga tidak kalah terkenal ketika momen libur akhir tahun.

Soalnya, momen Nataru kerap menjadi arena berganti hampers antarteman dan kolega. Tentunya, buahpikiran upaya ini bisa Anda coba.

Selain kue kering dan camilan, Anda juga bisa mengkreasikan isi hampers nan bakal dijual. Misalnya, aksesori Natal, lilin aromaterapi, masker dan hand sanitizer, baju dan sandal, skincare dan make up, hingga piring cantik.

Jika mau memulai upaya ini, cobalah untuk mulai mencari sumber produk nan sesuai dengan budget namalain modal usaha. Sebab, Anda kudu membeli dulu isi hampersnya baru dijual.

Namun, Anda juga bisa menerapkan sistem pre-order, jadi barang-barang isian hampers baru dibeli setelah menerima pembayaran dari pemesan hampers. Jangan lupa pelajari langkah pengemasan hampers agar tidak mudah rusak.


3. Jual aksesori Nataru

Natal dan tahun baru juga tak lepas dari beragam aksesori nan identik dengan momen libur tersebut. Misalnya, hiasan pohon Natal, hiasan rumah ala Natal, kembang api, terompet, sampai perangkat pemanggang untuk BBQ di rumah jelang pergantian tahun.

Nah, beragam aksesori ini tentu bisa Anda jadikan buahpikiran upaya untuk dijual. Apalagi saat ini aksesori ini banyak dijual secara grosir di toko-toko online.

Anda bisa mulai mencari toko mana nan menawarkan nilai grosir dan tentunya mempunyai kualitas peralatan nan baik agar bisa dijual kembali.


4. Jasa katering

Ide upaya selama libur Nataru selanjutnya adalah membuka upaya jasa katering. Sebab, ketika libur terkadang orang tidak sempat memasak alias justru mau beristirahat sehingga mau membeli makanan katering.

Jenis makanan kateringnya pun bisa disesuaikan dengan keahlian nan dimiliki hingga tren nan sedang berkembang. Misalnya, jika Anda bisa memasak makanan rumahan, tentu tidak ada salahnya upaya katering berupa makanan rumahan.

Jika mau mengikuti tren, Anda bisa mempelajari langkah membuatnya dulu. Misalnya, sedang tren Korean cake dan mille crepes. Namun pastikan cita rasanya sesuai dengan pasar nan bakal digarap.


5. Jastip sembari liburan

Anda mungkin berpikir jika berpiknik ketika momen Nataru maka tak bisa menjalankan bisnis. Padahal, upaya tetap bisa dijalankan, salah satunya membuka jasa titip namalain jastip.

Misalnya Anda berencana liburan ke Jepang alias Korea Selatan pada momen Nataru, nah, Anda bisa membuka jastip barang-barang nan hanya dijual di negara tersebut. Mulai dari skincare, make up, sampai sneakers.

Jika tidak berpiknik ke luar negeri pun, Anda tetap bisa membuka jastip berupa oleh-oleh suatu daerah. Misalnya Anda bakal berpiknik ke Medan, Anda bisa membuka jastip Bolu Meranti, Bika Ambon Zulaikha, Ucok Durian, dan lainnya.


6. Jasa hiasan dan event organizer

ilustrasi masker tema natalIlustrasi. Ide upaya selama libur Nataru salah satunya dengan menawarkan jasa hiasan alias EO. Foto: istockphoto/andresr)

Ide upaya nan juga bisa dieksekusi ketika momen Nataru adalah jasa hiasan dan event organizer (EO). Soalnya, seremoni Natal dan Tahun Baru kerap dijadikan momen untuk berkumpul antarsaudara di keluarga, teman, maupun kolega.

Acara perkumpulan ini terkadang mau dibuat dengan hiasan dan EO agar lebih meriah, menarik, dan melangkah lancar. Nah, kesempatan ini bisa Anda jajal dengan membuka upaya jasa hiasan dan EO.

Anda bisa menawarkan jasa hiasan dan EO ini ke saudara, teman, maupun kolega. Untuk buahpikiran hiasan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget calon klien.

Jangan lupa cari sumber penjual aksesori dan bahan-bahan dekor tepercaya agar hiasan nan dibuat menarik dan tidak gagal. Saat ini, pernak-pernik hiasan juga banyak dijual di e-commerce, sehingga mudah didapatkan.


7. Buka open trip

Selain membuka upaya jastip, Anda nan mau pergi liburan pada akhir tahun juga bisa membuka open trip. Jadi, Anda tak sekadar 'menghamburkan uang' tapi juga bisa menghasilkan cuan.

Mulanya, Anda bisa menentukan destinasi wisata mana nan bakal dikunjungi. Kemudian, rancang seluruh kegiatan beserta lokasi-lokasi liburan nan bakal didatangi selama beberapa hari.

Mulai dari letak wisata nan terkenal dan atraktif sampai tempat pembelian oleh-oleh. Jangan lupa lengkapi dengan akomodasi, konsumsi, dan transportasi nan bakal dipakai. Lalu, tawarkan kepada kawan alias kolega mengenai trip ini.


8. Jasa MUA

Jika Anda mempunyai talenta make up, maka perihal ini juga bisa dijadikan buahpikiran upaya selama momen Nataru. Biasanya, seremoni Natal dan Tahun Baru menjadi momen diadakannya acara-acara penting.

Sebagian orang terkadang mau tampil prima dengan make up nan menarik untuk datang ke acara-acara tersebut. Hal ini merupakan kesempatan untuk menawarkan jasa make up artist (MUA) kepada saudara, teman, dan kolega nan mau pergi ke kegiatan Natal dan Tahun Baru.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan jasa MUA ini. Jangan lupa, pajang juga hasil make up buatan Anda sebagai referensi agar jasa MUA ini dilirik.


9. Rental kendaraan

Saat libur Nataru, Anda tidak ada rencana pergi apalagi berlibur? Nah, kendaraan nan tak terpakai di rumah bisa direntalkan sebagai buahpikiran upaya selama libur Nataru.

Anda bisa memasarkan upaya persewaan kendaraan ini di media sosial alias menawarkan ke teman-teman terdekat.

Namun, jangan lupa periksa dulu kelaikan kendaraan sebelum dirental dan seleksi ketat pihak nan boleh merental kendaraan kepada Anda untuk meminimalkan masalah di kemudian hari.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas