Kisah Nasabah PNM Dicintai Delegasi KTT ASEAN Berkat Masakan Rumahan

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Merry nan menjual beragam menu makanan rumahan seperti ikan masam manis dan rendang tersenyum lebar, ketika produknya lenyap diborong para delegasi KTT ASEAN. Merry Harleni, pelanggan PNM Mekaar nan memetik hasil saat gelaran KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo. (Foto: Arsip PNM)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 50 upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal nan juga pelanggan Permodalan Nasional Madani dinyatakan lolos kurasi dan berkuasa mengikuti helatan internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Salah satu pelanggan PNM Mekaar nan berperan-serta adalah Merry Harleni. Merry nan menjual beragam menu makanan rumahan seperti ikan masam manis, sop iga, hingga rendang dan sayur tersenyum lebar, ketika produknya lenyap diborong para delegasi KTT ASEAN.

Dalam hitungan jam, Merry sukses mengantongi pendapatan mencapai Rp2 juta.

"Padahal jika kondisi normal untuk dapat 2 juta saya butuh waktu berhari-hari. Senang sekali bisa ikut berasosiasi di kegiatan seperti ini," kata Merry.

Merry menyebut, kegemaran memasak menjadi sumber semangat saat bersiap berjualan. Bagi Merry, memandang orang lain menyantao masakannya dengan lahap adalah kebahagiaan. Terlebih, penikmat masakannya kali ini adalah delegasi KTT ASEAN dari beragam negara.

"Sampai hari ketiga jika sudah masuk waktu makan, dagangan saya ludes dalam dua jam," lanjut Merry.

Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, menyatakan bahwa partisipasi pelanggan PNM Mekaar dalam helatan seperti KTT ASEAN merupakan corak kepedulian PNM membantu ekonomi keluarga. Arief mendorong pemilik upaya ultra mikro agar mempunyai mental upaya makro, dan membuka kesempatan akses pasar di luar pelanggan nan sudah ada.

"KTT ASEAN jadi momentum bagi UMKM, khususnya ultra mikro agar dikenal secara global. Semoga ibu-ibu pelanggan bimbingan kami terus mengembangkan potensi nan dimiliki dan PNM berkomitmen untuk menjadi jembatan bagi pelaku upaya ultra mikro untuk bisa eksis di event internasional," kata Arief lewat keterangan resmi, Jumat (12/05).

Senada, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa UMKM adalah ujung tombak fondasi ekonomi Indonesia. Sinergi dengan beragam pihak disebut menjadi konsentrasi pemerintah, didukung kerjasama berbareng PNM sebagai perusahaan nan memberikan pembiayaan dan pemberdayaan kepada pelaku upaya ultra mikro.

Terkait gelaran KTT ASEAN, UMKM lokal di Labuan Bajo didorong masuk ke pasar dunia lewat Rumah BUMN SME's HUB nan terletak di Marina Waterfront.

"Kementerian BUMN dan kementerian juga lembaga lainnya bersinergi untuk konsentrasi pada pembinaan, pasar (target market) dan pembiayaan. BUMN dengan bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) konsentrasi pada pembiayaan. Ditambah lagi PNM Mekaar dengan 149 ribu pelanggan nan dibina di Flores juga terlibat," kata Erick, Kamis (11/5).

(rea)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas