Kementerian PUPR Selesaikan 16 Rusun Hunian Pekerja Kontruksi di IKN

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kementerian PUPR menyelesaikan 16 rusun untuk kediaman pekerja bangunan di IKN Nusantara. Kementerian PUPR menyelesaikan 16 rusun untuk kediaman pekerja bangunan di IKN Nusantara. (youtube/Sekretariat Presiden).

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian PUPR menyelesaikan 16 rumah susun (rusun) untuk kediaman pekerja bangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Target, bakal ada 22 rusun pekerja bangunan di ibu kota baru itu.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan 16 rusun nan sudah terbangun dalam proses penyelesaian kelistrikan, pemasangan dinding, dan toilet bagi pekerja.

"Pembangunan rusun untuk kediaman pekerja bangunan di IKN terus melangkah sesuai rencana nan telah ditetapkan. Kami bakal berupaya agar proses pembangunannya bisa segera diselesaikan secepatnya. Saat ini progresnya sudah mencapai 71,06 persen," katanya, Minggu (18/12), dikutip dari Antara.

Pembangunan rusun kediaman pekerja bangunan dimulai sejak 29 Agustus 2022 dan ditargetkan selesai pada akhir Januari 2023.

Proses pengerjaan dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya Gedung dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Kerja sama operasi (KSO) ini berbobot Rp567 miliar.

Kompleks rusun kediaman pekerja bangunan IKN juga bakal dilengkapi dengan akomodasi sosial dan umum, seperti masjid,mess hall, klinik, dan instansi perwakilan pengelola.

"Setiap rusun bakal mempunyai bilik jenis barak untuk pekerja, dilengkapi tempat tidur dan bilik mandi, sehingga para pekerja bisa tinggal dengan nyaman dan konsentrasi dalam bekerja membangun prasarana di IKN Nusantara," jelas Iwan.

Dalam proses konstruksi, Kementerian PUPR menyatakan menerapkan tiga kriteria penyelenggaraan pembangunan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance(ESG).

Pertama, dengan menerapkan lean construction dan green construction. Kedua, memberikan akomodasi lebih layak bagi para pekerja bangunan nan membangun IKN.

Ketiga, membangun tata kelola bangunan nan lebih rapi, sehat, efisiensi, dan efektif.

[Gambas:Video CNN]

(skt/bir)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas