Koin Rp2.000 Pernah Jadi Saksi Piala Dunia, Kini Dijual Rp2,75 Juta

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Uang koin Indonesia pecahan Rp2.000 pernah menjadi saksi Piala Dunia 1974. Kini, nilai koin dengan pecahan tersebut tembus hingga Rp2,75 di marketplace. Uang koin Indonesia pecahan Rp2.000 pernah menjadi saksi Piala Dunia 1974. Kini, nilai koin dengan pecahan tersebut tembus hingga Rp2,75 di marketplace. (Detikcom/Arsip Bank Indonesia).

Jakarta, CNN Indonesia --

Uang koin Indonesia pecahan Rp2.000 pernah menjadi saksi Piala Dunia 1974. Saat itu, koin antik tersebut digunakan dalam pertandingan Jerman Barat vs Belanda.

Mengutip akun Instagram Museum Bank Indonesia, Jack Taylor nan memimpin laga tersebut menggunakan koin Rp2.000 untuk mengundi tim nan mendapatkan bola pertama kali namalain coin toss.

Sang wasit menggunakan koin itu lantaran suka dengan gambar di kedua sisi koin tersebut, ialah Macan Jawa di bagian depan dan Garuda komplit dengan tulisan "Bank Indonesia" di sisi belakang.

Koin seberat 25,31 gram itu memang spesial. Koin tersebut dibuat unik dalam seri cagar alam berkah kerja sama Bank Indonesia (BI) dengan Lembaga Konservasi Dunia (IUCN) dan Lembaga Konservasi Alam (WWF).

Selain dengan dua lembaga konservasi tersebut, BI turut menggandeng Royal Mint selaku perusahaan percetakan koin dan lencana Kerajaan Inggris.

Royal Mint membikin koin itu dengan ukuran diameter 38,61 milimeter dan berat 25,31 gram. Sementara itu, kandungan peraknya 50 persen.

Kapten Timnas Jerman Barat saat itu Franz Beckenbauer sempat penasaran dengan koin nan berjulukan resmi Conservation Coin Collection WWF itu.

Sesaat setelah wasit Taylor membunyikan peluit panjang tanda istirahat, dia menghampiri sang wasit dan menanyakan dari mana koin itu didapat. Sayang, Taylor tak menjawab pertanyaan legenda Jerman tersebut.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di marketplace Tokopedia, koin antik tersebut dijual dengan nilai fantastis. Ada nan menjualnya di nomor Rp500 ribu hingga tembus Rp2,75 juta per keping.

"Pada 1974, Bank Indonesia (BI) pernah menerbitkan duit koin unik bekerja sama dengan World Wide Fund for Nature (WWF), untuk mencetak beberapa jenis koin nan tergolong langka, salah satunya adalah koin ini," tulis penjelasan salah satu toko penjual koin tersebut.

Sementara itu, duit antik tersebut dijual dengan banderol kisaran Rp500 ribu di marketplace Shopee.

Namun, ada penjual nan menjajakan koin antik pecahan Rp2.000 itu plus koin antik Rp5.000 jenis 1974 dengan nilai Rp4,5 juta.

[Gambas:Video CNN]

(skt/sfr)

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas