Luhut Pamer 14 Perwira Tim Bravo di Balik KTT G20 Bali

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memamerkan 14 perwira tim 'Bravo' nan ikut terlibat dalam gelaran KTT G20 di Bali November lalu. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memamerkan 14 perwira tim 'Bravo' nan ikut terlibat dalam gelaran KTT G20 di Bali November lalu. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memamerkan 14 perwira tim 'Bravo' nan ikut terlibat dalam gelaran KTT G20 di Bali November lalu.

"Di kembali kesuksesan penyelenggaraan "event" bergengsi ini, pastinya ada peran serta dan support banyak pihak nan telah bekerja keras sejak periode akhir tahun lalu. Salah satunya ada keterlibatan sebuah tim nan saya inisiasi berjulukan "Bravo"," ujar Luhut dikutip dari akun Instagram-nya @luhut.pandjaitan, Minggu (18/12).

Luhut menjelaskan Tim Bravo terdiri dari 14 perwira muda TNI terbaik di bidangnya. Mereka bekerja untuk mengamati, memahami, dan memberikan laporan teknis kepada Luhut mulai dari pengamanan, prasarana hingga logistik.

Lalu, Luhut menjelaskan laporan dari Tim Bravo di lapangan itu nan membantunya memandang sejauh mana kegiatan pertemuan tingkat bumi ini berlangsung.

"Para perwira nan usianya sebagian besar tetap muda ini diberi kesempatan untuk terjun ke lapangan langsung untuk mempelajari langkah mengorganisir sebuah acara, apa saja nan perlu disiapkan untuk menghadapi resiko dan tantangan nan pasti muncul, serta gimana mengambil keputusan dan menyiapkan beragam rencana," jelas Luhut.

[Gambas:Instagram]

Hal itu, kata Luhut, merupakan manajemen sistem nan perlu perwira kuasai untuk menambah keahlian mereka di masa mendatang.

Lebih lanjut, dia menjelaskan rata-rata para perwira tersebut mempunyai latar belakang alumni dari universitas ternama baik dari dalam maupun luar negeri.

"Dengan bekal pengalaman manajemen nan mumpuni, saya melepas mereka kembali ke kesatuan masing-masing dengan rasa bangga," imbuh dia.

Ia menyebut setidaknya para perwira pernah merasakan pengalaman mengorganisir sebuah perhelatan besar tingkat dunia. Sehingga kelak setelah lulus dari militer, para perwira tersebut dapat merasa bangga lantaran pernah berkontribusi dalam mengharumkan nama bangsa dan negara.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali sebelumnya resmi berhujung pada Rabu, 16 November 2022 lalu.

Sejumlah pemimpin bumi hadir, mulai dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, hingga Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman datang dalam kegiatan tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(pop/sfr)

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas