Pembeli Meikarta Akan Gugat Bank Nobu dan PT MSU ke Pengadilan

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Konsumen Meikarta bakal menggugat Bank Nobu dan PT MSU ke pengadilan agar proses perjanjian jual beli apartemen bisa dibatalkan. Konsumen Meikarta bakal mengusulkan kasusnya ke pengadilan jika unit nan dijanjikan tak kunjung direalisasikan oleh pihak Bank Nobu. (CNN Indonesia/ Cintya Faliana).

Jakarta, CNN Indonesia --

Perkumpulan organisasi peduli konsumen Meikarta (PKPKM) membuka kesempatan untuk meminta pengadilan menyelesaikan sengketa mereka dengan baik Bank Nobu maupun PT MSU selaku developer apartemen tersebut.

Langkah itu mereka lakukan lantaran para pembeli tersebut tak kunjung mendapatkan unit nan dijanjikan sejak 2019 meski mereka tetap rutin membayar angsuran kepada Bank Nobu.

Kuasa norma PKPKM Rudy Siahaan mengatakan gugatan dilakukan guna meminta pengadilan membantu proses pembatalan perjanjian dengan Bank Nobu maupun developer PT Mahkota Semesta Utama (MSU).


"Ya jika langkah norma kita pikirkan. Kalau memang mereka tidak mau pembatalan perjanjian sepihak, kita bakal minta support pengadilan untuk membatalkan perjanjian," ungkap Rudy di Jakarta Selatan, Senin (19/12).

Meski demikian, dia tetap mengutamakan mediasi dengan pihak Bank Nobu untuk membatalkan perjanjian jika tak kunjung ada kepastian terkait unit apartemen tersebut. 

Menurutnya, usai mediasi nan dilakukan dengan Bank Nobu, kliennya bakal menyusun strategi dalam 20 hari ini agar hak-hak nan dituntut segera terpenuhi. Sebelumnya, pihak Bank Nobu meminta waktu 20 hari kepada debitur untuk berkoordinasi dengan developer Meikarta.

"Kita menunggu, kita hargai. Kita juga di DPR lagi ditampung aspirasi kita," ucapnya.

Rudy menjelaskan pihaknya sudah melaporkan keluhan ini pada DPR dan mengirim surat ke Presiden Joko Widodo. Ia pun mengaku bakal mengutamakan langkah-langkah non-litigasi.

"Karena kita ini konsumen nan santun, kita mengedepankan langkah-langkah norma nan ada. Kita tidak mau mengedepankan sistem barbar," tegas Rudy.

Sejauh ini, Bank Nobu hanya berjanji bakal membantu konsumen untuk menjual unit apartemen. Kendati, Rudy mengaku kecewa karena dua jam mediasi hasilnya tak menggembirakan. Tadinya, konsumen menuntut pengembalian biaya (refund), dan bukan titip jual.

Apalagi, titip jual sejatinya dilakukan hanya jika unit apartemennya sudah ada. Sementara saat ini, unit tersebut belum terealisasi.

CNNIndonesia telah menghubungi Head Marcomm Meikarta Andika Surya Pratama melalui pesan WhatsApp dan telepon, namun hingga buletin ini dinaikkan nan berkepentingan belum merespons. 

Selain itu, CNNIndonesia juga sudah meminta tanggapan atas masalah nan dialami pembeli Meikarta ke Corporate Communication Bank Nobu Mario Satrio. Tapi nan berkepentingan menolak untuk berkomentar.

[Gambas:Video CNN]

(cfd/dzu)

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas