PLN Sukseskan KTT ASEAN 2023 dengan Hadirkan Listrik Tanpa Kedip

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

PLN | CNN Indonesia

Jumat, 12 Mei 2023 11:30 WIB

Bagikan :  

PLN sukses menyelenggarakan sistem kelistrikan andal tanpa kedip selama gelaran KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo berjaga langsung memantau sistem operasional kelistrikan dalam menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 nan berjalan di Labuan Bajo, NTT. (Foto: Arsip PLN).

Jakarta, CNN Indonesia --

PT PLN (Persero) turut menyukseskan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo dengan menghadirkan listrik tanpa kedip. Selama penyelenggaraan kegiatan di lokasi-lokasi kegiatan KTT ASEAN 2023, sistem kelistrikan nan digelar PLN melangkah andal dengan beban puncak kelistrikan hari pertama di Labuan Bajo di nomor 83,73 megawatt (MW) dan hari kedua sebesar 85.88 MW.

Adapun dalam pertemuan para pemimpin negara se-ASEAN tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selaku tuan rumah KTT ASEAN ke-42 pada Rabu (10/5), di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Mengusung tema "ASEAN Matters", Jokowi mendorong seluruh delegasi untuk bekerja keras mewujudkan ASEAN sebagai epicentrum of growth.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan ASEAN punya aset kuat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Dengan pertumbuhan ekonomi nan jauh di atas rata-rata dunia, bingkisan demografi, dan kestabilan kawasan.

"Saya percaya kita semuanya percaya ASEAN bisa, asalkan satu kuncinya; persatuan. Dengan persatuan, ASEAN bakal bisa menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan," kata Presiden.

Sebagai tuan rumah pertemuan kali ini, Indonesia mau memastikan seluruh delegasi mendapatkan pengalaman nan baik selama di Indonesia. PLN sebagai BUMN berkomitmen untuk mendukung kesuksesan kegiatan ini dengan menyediakan listrik nan andal.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan, pada hari pertama sistem kelistrikan di Labuan Bajo sangat andal dan listrik di lokasi-lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN juga datang tanpa kedip.

Beban puncak kelistrikan di Labuan Bajo pada hari pertama hingga hari kedua sesuai prediksi dan tetap di bawah daya bisa sistem kelistrikan Flores, ialah 105 MW.

"Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih bisa turut serta menyukseskan KTT ASEAN ke 42. Suksesnya kegiatan ini bakal membuka mata seluruh bumi bahwa Indonesia selalu siap menjadi tuan rumah bagi pertemuan krusial nan membahas masa depan dunia," ungkap Darmawan nan berjaga langsung memantau sistem operasional kelistrikan selama KTT ASEAN.

Tak hanya pasokan listrik nan andal, Darmawan juga mengatakan, penggunaan kendaraan listrik selama KTT berjalan melangkah sukses. PLN sukses melayani pengisian daya ratusan kendaraan listrik dari para delegasi KTT ASEAN melalui Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

"Hingga Kamis (11/5) malam, tercatat sudah ada 1.852 kali pengisian kendaraan listrik di SPKLU dengan total daya sebesar 14.639 kWh," tambah Darmawan.

Seperti diketahui, untuk menopang penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42, PLN menyediakan 108 SPKLU. Jumlah tersebut disediakan untuk memenuhi kebutuhan 371 unit kendaraan delegasi dan kebutuhan operasional.

Darmawan mengatakan suksesnya kegiatan ini juga berkah kerjasama antara PLN, Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, TNI-Polri, serta seluruh stakeholder.

"Suksesnya KTT ASEAN tentu saja lantaran keterlibatan semua pihak nan mendukung PLN hingga bisa memberikan pelayanan listrik terbaik untuk kegiatan ini. Ini adalah capaian berbareng dalam mengharumkan nama bangsa," tutup Darmawan.

(osc)

[Gambas:Video CNN]

Bagikan :  

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas