Profil Erwin Aksa yang Polisikan Rommy PPP soal Cek Bodong Rp35 M

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Erwin Aksa nan melaporkan Romahurmuziy PPP ke polisi soal cek bodong merupakan politisi sekaligus pengusaha. Ia keponakan Jusuf Kalla. Erwin Aksa nan melaporkan Romahurmuziy PPP ke polisi soal cek bodong merupakan politisi sekaligus pengusaha. Ia keponakan Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Erwin Aksa menjadi sorotan setelah melaporkan Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP Muhammad Romahurmuziy alias Rommy ke kepolisian. Ia tidak terima dengan pernyataan Rommy soal cek bodong.

Erwin merasa sangat dirugikan dengan tudingan Rommy. Politisi sekaligus pengusaha ini mengaku langsung dihubungi pihak bank dan beragam kliennya lantaran cap sebagai penipu imbas pernyataan Rommy tersebut.

Lantas, siapakah Erwin Aksa?

Dilansir dari beragam sumber, laki-laki kelahiran Ujung Pandang 7 Desember 1975 itu lulus dari University of Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Di sana, dia mengambil bidang ekonomi pada 1997.

Setelah lulus Erwin berasosiasi dengan perusahaan milik sang ayah, Aksa Mahmud, ialah Bosowa Corporation. Pada 2006 dia pun diangkat menjadi komisaris utama Bosowa.

Bosowa merupakan salah satu grup nan mempunyai banyak gurita bisnis. Bidang upaya tersebut mulai dari otomotif, semen, pertambangan, energi, jasa keuangan, properti, dan pendidikan.

Erwin juga merupakan keponakan mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK). Ayah Erwin, Aksa Mahmud, merupakan adik ipar JK.

Erwin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) pada periode 2015-2020.

Selain itu, dia juga pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) pada periode 2008-2011. Ia mendapatkan 104 support pemilih dari 165 bunyi nan sah pada pemungutan bunyi di Musyawarah Nasional Hipmi ke-13 di Nusa Dua, Bali.

Rommy mengaku pernah ditipu Erwin Aksa lewat cek bodong berbobot Rp35 miliar. Ia mengaku dihalang-halangi Erwin saat mencairkan cek tersebut. Pernyataan itu disampaikan Rommy dalam siniar Total Politik.

Erwin menjelaskan persoalan cek itu terjadi saat Pemilihan Gubernur (pilgub) Sulawesi Selatan 2018. Saat itu, Erwin memberi cek agar PPP memberikan rekomendasi kepada pasangan calon Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo.

Cek diberikan, PPP pun memberikan rekomendasi, dan pasangan Agus-Tanribali bisa mendaftar pilgub. Erwin mengaku urusannya selesai sampai di situ.

Ia mengaku tak mengerti apa nan dimaksud Rommy dengan cek bodong. Selain tak tahu-menahu kelanjutan dari lobi tersebut, Erwin berbicara tak pernah berkomunikasi dengan Rommy.

"Kalau memang bodong, dia nan melaporkan saya ke polisi, bukan kebalikannya," ujarnya kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas