Pupuk Indonesia Kenalkan Kain Nusantara Karya UMKM di KTT ASEAN 2023

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Pupuk Indonesia berkesempatan untuk memperkenalkan kain nusantara buah karya UMKM bimbingan di arena Rumah BUMN SME's HUB selama gelaran KTT ASEAN 2023. Menteri BUMN Erick Thohir menyempatkan diri mengunjungi booth pameran Pupuk Indonesia Grup di arena Rumah BUMN SME's HUB 2023. (Foto: Arsip Pupuk Indonesia).

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pupuk Indonesia (Persero) turut terlibat dalam perhelatan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Dalam arena tersebut, Pupuk Indonesia berkesempatan untuk mengenalkan kain nusantara kepada para delegasi negara-negara peserta KTT ASEAN.

Kain nusantara nan ditampilkan ini merupakan produk UMKM bimbingan anak perusahaan Pupuk Indonesia, ialah PT Petrokimia Gresik, PT Pusri Palembang, dan PT Pupuk Kaltim.

SVP TJSL Pupuk Indonesia Rika Susanty mengatakan terdapat delapan UMKM bimbingan Pupuk Indonesia Grup nan menampilkan kain nusantara dan beberapa produk bermotif batik. Adapun seluruh produk ini dipamerkan dalam gelaran Rumah BUMN SME's HUB 2023 di Labuan Bajo.

"Pupuk Indonesia menyambut baik gelaran Rumah BUMN SME's HUB 2023 nan tetap bagian dari kegiatan KTT ASEAN. Melalui Rumah BUMN SME's HUB ini, Pupuk Indonesia dapat mengenalkan kain nusantara nan saat ini statusnya sebagai warisan nusantara (wastra)," ungkap Rika dalam keterangan tertulis, Kamis (11/5).

Delapan UMKM bimbingan Pupuk Indonesia Grup ini ialah Lembayung Ethnic nan menjual produk fashion batik unik Palembang, Batik Kuntul Perak nan menjual kain batik tulis unik Kalimantan, Optimistie Gems (OG) Jewelry merupakan UMKM nan menjual aksesoris perhiasan, serta Batik Gedog Zaenal menjual kain batik unik Sekar Jagat, Wajik Tambal, Rembulan, dan Sogo Pipit.

Kemudian Patera menjual barang-barang seperti tas, Sewet Jumputan menjual kemeja batik unik Palembang, Zulpah Batik Madura menjual batik tulis unik Madura, dan Batik Beras Basah menjual batik tulis sutra unik Kalimantan.

Pupuk Indonesia sendiri mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir nan telah memberikan kesempatan kepada UMKM bimbingan Pupuk Indonesia Grup untuk mengikuti gelaran Rumah BUMN SME's HUB 2023 di Labuan Bajo. Menurut Rika, kain nusantara dan produk lain nan dipamerkan Pupuk Indonesia ini telah melewati proses kurasi nan sangat ketat dari tim Kementerian BUMN.

"Kami mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir nan telah memberikan kesempatan kepada produk-produk UMKM bimbingan Pupuk Indonesia Grup tampil di SME's HUB," kata Rika

"Dengan begitu produk kain nusantara dan produk lainnya bisa dilihat langsung oleh para delegasi negara-negara nan mengikuti kegiatan ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo," sambung Rika.

Dalam kunjungan kerjanya, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini apalagi menyempatkan diri untuk mendatangi booth pameran Pupuk Indonesia Grup.

Erick mengungkapkan Rumah BUMN SME's Hub bermaksud untuk mempromosikan dan membantu UMKM untuk meningkatkan daya saing sekaligus membuka akses pasar dunia sehingga bisa mendorong UMKM di tanah air untuk bisa mendunia.

"Kita kudu mendorong UMKM ini untuk mendunia salah satunya dengan pameran nan melibatkan pengunjung dari mancanegara. Perlu kita sadari UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia nan membuka banyak kesempatan kerja. Mereka bisa mengharumkan nama bangsa dengan produk-produk nan mendunia," kata Erick.

SME's HUB merupakan upaya Rumah BUMN memperkenalkan UMKM Indonesia ke bumi internasional. Kegiatan ini merupakan Side Event KTT ASEAN 2023 nan digelar dari 9 Mei sampai 13 Mei 2023 di Marina Waterfront Labuan Bajo.

Pada gelaran ini terdapat 50 pelaku UMKM nan terlibat, 10 diantaranya merupakan UMKM lokal dan sisanya adalah UMKM bimbingan Rumah BUMN dan kementerian lainnya.

(osc/osc)

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas