Ramai-ramai Pakai Dana Darurat Buat Nonton Konser Coldplay, Bolehkah?

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

EDUKASI KEUANGAN

Feby Nadeak | CNN Indonesia

Sabtu, 13 Mei 2023 09:00 WIB

Bagikan :  

Perencana finansial menilai penggunaan biaya darurat untuk membeli tiket konser Coldplay tidak tepat lantaran bukan kebutuhan mendesak. Perencana finansial menilai penggunaan biaya darurat untuk membeli tiket konser Coldplay tidak tepat lantaran bukan kebutuhan mendesak. (Getty Images/Euan Cherry)

Jakarta, CNN Indonesia --

Coldplay resmi mengumumkan bakal menggelar konser di Jakarta pada 15 November mendatang. Pihak promotor pun telah merilis daftar nilai tiket konser band asal Inggris tersebut.

Tiket konser terbagi atas beberapa kategori, nan dibanderol mulai Rp800 ribu hingga Rp11 juta. Harga tiket tersebut belum termasuk pajak pemerintah 15 persen, convenience fee 5 persen, dan biaya tambahan lainnya.

Harga tiket nan terbilang cukup dahsyat tak lantas membikin para fans Coldplay mengurungkan niat untuk menonton band pelantun Fix You tersebut. Sejumlah fans apalagi curhat di media sosial bakal melakukan beragam langkah demi bisa membeli tiket konser Coldplay, termasuk dengan menggunakan biaya darurat.

Lantas, apakah boleh menggunakan biaya darurat untuk membeli tiket konser?

Perencana Keuangan Advisor Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengatakan biaya darurat tidak lah tepat digunakan untuk menonton konser lantaran tidak termasuk kebutuhan nan mendesak.

Andy menyebut memang banyak orang nan melakukan beragam langkah untuk membeli tiket konser lantaran tidak mau dianggap 'tidak keren' oleh orang di sekelilingnya.

Namun, dia mengingatkan penggunaan biaya darurat ditujukan untuk situasi genting, seperti biaya sakit, perbaikan kendaraan nan tiba-tiba rusak, dan antisipasi jika terkena PHK.

"Seandainya kita enggak nonton konser kemudian kita menyesal lantaran merasa jadi orang nan paling ketinggalan dibanding teman-teman nan lain, lebih menyesal mana dibanding misalnya mobil kita tabrakan dan kita enggak bisa kita perbaiki alias kita sakit tapi enggak bisa berobat? Lebih menyesal mana?" kata Andy kepada CNNIndonesia.com, Kamis (11/5).

Andy mengatakan jika Anda memang suka menonton konser, maka perlu mengatur finansial sebaik mungkin agar tetap stabil. Pertama, Anda kudu mempunyai pendapatan jauh lebih besar dibanding kebutuhan utama. Kalau penghasilan belum cukup untuk memenuhi kebutuhan utama maka lebih baik tidak menonton konser.

Ia menyarankan jika tetap mau menonton konser tetapi penghasilan terbatas, maka Anda kudu selektif dalam memilih konser. Misalnya, sang musisi memang jarang menggelar konser di Indonesia seperti Coldplay.

"Misalnya kegemaran nonton konser sementara penghasilan terbatas, ya kita kudu memahami bahwa enggak mungkin kita sering-sering nonton konser. Pilihlah konser nan memang kita anggap misalnya seperti Coldplay nan baru pertama kali datang ke Indonesia," kata Andi.

Namun, jika kekeh mau menonton konser setiap bulan maka Anda kudu melakukan pengganti lain ialah mencari pekerjaan sampingan.

Menurutnya, menonton konser bukan sesuatu nan tidak boleh dilakukan asalkan tetap bisa mengatur finansial dengan baik. Ia menyebut dalam alokasi finansial juga perlu disiapkan biaya untuk "me time".

"Nonton konser merupakan salah satu bentuk me time. Yang krusial dijaga jangan sampai demi nonton konser bela-belain ngutang dan pakai biaya darurat," katanya.

Lanjut ke laman sebelah...

Pakai biaya unik rekreasi tahunan untuk membeli tiket konser

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Bagikan :  

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas