RI-Inggris Jajaki Kerja Sama Proyek LRT dan Bus Listrik di Bali

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins berjumpa dengan Gubernur Bali I Wayan Koster terkait kerja sama menciptakan daya bersih di Bali. Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins berjumpa dengan Gubernur Bali I Wayan Koster terkait kerja sama menciptakan daya bersih di Bali. (CNN Indonesia/Khaira Ummah)

Denpasar, CNN Indonesia --

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins berjumpa dengan Gubernur Bali I Wayan Koster terkait kerja sama untuk menciptakan daya bersih di Pulau Bali.

Pada kesempatan itu, Koster mengatakan Dubes Inggris menawarkan beberapa kerja sama seperti di bagian pendidikan, transportasi publik, digitalisasi dan daya bersih termasuk motor listrik.

"Pelaksanaan kebijakan daya bersih, beliau (Dubes Inggris) menawarkan di antaranya adalah potensi untuk bus listrik, dan kami memang mengarah ke situ. Ke depan kami bakal tingkatkan lagi. Sehingga ini menjadi ruang kerja sama nan bisa dibangun antara Pemerintah Provinsi Bali dengan Pemerintah Inggris," kata Koster, saat konvensi pers di Gedung Jaya Sabha, Kantor Gubernur Bali, Kamis (11/5).

Selain bus listrik, perwakilan Inggris itu juga menawarkan kerja sama di bagian proyek kereta api Bali ialah Light Rapid Transport (LRT) nan saat ini sedang dikaji alias dianalisa.

"Tidak saja bus listrik, tapi juga LRT nan kami bakal kembangkan di Bali. Yang saat ini sedang feasibility (studi) dan kelak setelah selesai ini kami bakal tindaklanjuti dengan pihak mana saja melakukan kerjasama, untuk penyelenggaraan program transportasi publik, khususnya LRT ini dan sudah pasti dengan sigap berjalan," lanjutnya.

Dari bagian pendidikan, Inggris menawarkan kerja sama untuk meningkatkan keahlian berkata Inggris terutama bagi pegawai nan bergerak di bumi pariwisata, dan digitalisasi di Bali nan dia nilai saat ini belum optimal.

"Di bagian pendidikan khususnya, diantaranya meningkatkan keahlian dalam bahasa Inggris untuk anak-anak, maupun para pegawai, khususnya pegawai nan bergerak di bumi pariwisata," ujarnya.

"Kemudian juga adalah kaitannya dengan digitalisasi di Bali nan sedang melangkah program ekonomi kreatif. Dan, digital nan baru dicanangkan beberapa tahun lampau belum melangkah secara optimal. Ke depan, kami bakal laksanakan dan tentu saja tawaran nan disampaikan Bapak Dubes itu bakal menjadi bagian dari skema kerja sama nan bakal dilaksanakan ke depan," ujarnya.

Sementara itu, Owen Jenkins mengatakan pihaknya berkomitmen bekerja sama dengan Pemprov Bali untuk sektor daya bersih. Ke depannya, dia berambisi Pemprov Bali menindaklanjuti kerja sama nan telah ditawarkan.

"Terutama untuk kendaraan listrik dan Inggris juga mau membawa dan menawarkan skill nan ditawarkan oleh Inggris dalam sektor daya bersih. Dan juga daya baru terbarukan dan ini rencana seperti ini banget sesuai dengan visi-misi Pemprov Bali nan mau menerapkan daya bersih di semua sektornya. Dan kami berambisi bisa dapat ditindaklanjuti," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(kdf/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas