Survei BI: Penjualan Eceran Tumbuh Positif pada April 2023

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2023 sebesar 241,6 alias tumbuh positif sebesar 1 dibanding periode nan sama tahun sebelumnya. BI mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2023 sebesar 241,6 alias tumbuh positif sebesar 1 dibanding periode nan sama tahun sebelumnya (yoy). Ilustrasi. (Rekotomo).

Jakarta, CNN Indonesia --

Bank Indonesia (BI) mencatat kinerja penjualan eceran secara tahunan diperkirakan tetap kuat pada April 2023. Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2023 sebesar 241,6 alias tumbuh positif sebesar 1 dibanding periode nan sama tahun sebelumnya (yoy).

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyebut tetap kuatnya IPR itu terutama didukung oleh golongan peralatan budaya dan rekreasi nan meningkat.

Selain itu, penjualan golongan perlengkapan rumah tangga lainnya, seperti bahan bakar kendaraan bermotor dan suku cadang serta aksesori, juga turut menguatkan IPR.

Karena perihal tersebut, pihaknya pun memperkirakan penjualan satuan diprakirakan tumbuh 12,2 persen (mtm), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 7 persen (mtm).

Peningkatan penjualan satuan terjadi pada kebanyakan kelompok, terutama pada golongan peralatan informasi dan komunikasi, subkelompok sandang, serta golongan makanan, minuman dan tembakau.

"Hal ini sejalan dengan periode Ramadan dan Lebaran 1444 H, strategi potongan nilai nan dilakukan ritel, serta kelancaran pengedaran nan mendorong meningkatkan permintaan dalam negeri," ucap Erwin melalui keterangan resmi, Rabu (10/5).

Adapun pada periode Maret 2023 lalu, IPR tercatat sebesar 215,3 alias secara tahunan tumbuh sebesar 4,9 persen. Angka ini meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya nan sebesar 0,6 persen.

Erwin mengatakan peningkatan terjadi pada beberapa kelompok, terutama pada golongan makanan, minuman dan tembakau, peralatan budaya dan rekreasi, serta subkelompok sandang.

Secara bulanan, penjualan satuan tumbuh positif sebesar 7 persen. Peningkatan terjadi pada seluruh kelompok, terutama pada golongan peralatan budaya dan rekreasi, makanan, minuman dan tembakau serta suku cadang dan aksesori seiring dengan peningkatan permintaan domestik.

[Gambas:Video CNN]

(sfr/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas