Tarif Empat Ruas Tol Trans Sumatera Bakal Naik Tahun Ini

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

PT Hutama Karya (Persero) mengungkapkan tarif empat ruas tol trans Sumatera bakal naik tahun ini. PT Hutama Karya (Persero) mengungkapkan tarif empat ruas tol trans Sumatera bakal naik tahun ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI).

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Hutama Karya (Persero) mengungkapkan tarif empat ruas Tol Trans Sumatera bakal naik tahun ini.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan sudah ada dua ruas tol nan tarifnya bakal naik.

Adapun dua ruas tol tersebut adalah Tol Medan-Binjai dan Bakauheni-Terbanggi Besar. Meski demikian, pihaknya belum bisa mengungkapkan secara detil kapan waktu dekat nan dimaksud.

"Kalau terkait dengan penyesuaian tarif tentunya segera kami sosialisasikan begitu semua terkait dengan segala pemenuhan nan kudu kita penuhi sudah kita sesuaikan. Itu bakal segera kami infokan," ujar Dwi seperti dikutip dari detik.com, Kamis (11/5).

Ia mengungkapkan sebetulnya tarif Tol Medan-Binjai kudu sudah naik pada 2021. Namun, rencana itu tertunda lantaran hantaman pandemi covid-19.

Lebih lanjut, Dwi menyebut dua ruas tol lainnya nan tarifnya bakal naik adalah Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Palembang-Indralaya.

Untuk Tol Pekanbaru-Dumai, dia menyebut sudah diusulkan kenaikan tarifnya ke Kementerian PUPR. Namun, lagi-lagi dia belum bisa menyebut kapan waktu tepatnya. Yang jelas, Dwi berambisi pemeriksaan dari regulator sudah selesai.

"Pekanbaru-Dumai semestinya tahun lampau penyesuaiannya, 2022, tapi ini tetap dalam pemeriksaan terkait dengan pemenuhan dan sebagainya oleh regulator. Ya mudah-mudahan ini bisa segera selesai dan dapat izin," ungkap Dwi.

Sementara untuk Tol Palembang-Indralaya, ruas ini secara agenda semestinya sudah bisa dinaikkan tarifnya pada September alias Oktober. Dwi mengatakan Juni alias Juli mendatang kemungkinan pihaknya bakal mengusulkan kenaikan tarif ke Kementerian PUPR.

"Kalau pengajuan di dalam peraturan itu adalah tiga bulan sebelum waktunya itu kami bersurat. Artinya, jika tiga bulan sebelumnya ya sekitar Juli kita bakal bersurat ke regulator kemudian bakal dijadwalkan pemeriksaan dan sebagainya," ujar Dwi.

Daftar Tol Trans Sumatera nan tarifnya bakal naik:

1. Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (sudah dapat izin, menunggu waktu)
2. Ruas Medan-Binjai (sudah dapat izin, menunggu waktu)
3. Ruas Pekanbaru-Dumai (menunggu izin Kementerian PUPR)
4. Ruas Palembang-Indralaya (belum mengusulkan izin)

[Gambas:Video CNN]

(mrh/sfr)

Selengkapnya
Sumber Investing
Investing
Atas